Pernah lihat 'Pakaian Hidup Dari Planet Jupiter'? -->
close
Pojok Seni
25 August 2015, 8/25/2015 06:58:00 PM WIB
Terbaru 2015-08-25T11:58:43Z
BeritaSeni

Pernah lihat 'Pakaian Hidup Dari Planet Jupiter'?

Advertisement
Mushtari, Pakaian Hidup 'dari Jupiter'

pojokseni.com - Tema dari 'pakaian' ini adalah "mengisahkan kembali kehidupan manusia di planet lain, setelah mengalami degradasi". Pakaian ini dirancang oleh Neri Oxman, seorang profesor dan juga desainer di MIT Media Lab. Pakaian ini adalah hasil dari program The Wanderers yakni eksplorasi astrobologi oleh Neri Oxman dan kawan-kawan. Pakaian ini diber nama Mushtari, dari bahasa Arab berarti Planet Jupiter. Bahan dari pakaian ini dirancang sendiri oleh Neri Oxman dengan tema 'Kulit yang dipakai' dan dicetak tiga dimensi setebal 1 hingga 2,5 centimeter. Bahan 'kulit' Musthari ini bahkan disebut sebagai kultur hidup bakteri, yang bisa melakukan kegiatan makhluk hidup seperti makan, mereproduksi dan mendukung kehidupan. Selain itu, desainnya juga terlihat unik dan sekilas memang seperti 'pakaian hidup'.

Mushari terlihat seperti 'hidup'

"Kulit yang transparan ini memungkinkan sinar matahari menembus kedalam untuk emnciptakan habitan dengan lingkungan bergizi dengan kultur kehidupan berbagai bakteri yang dibutuhkan manusia, sekaligus fashionable," terang Neri Oxman.

Informasi yang terhimpun tim pojokseni.com, Kulit Musthari juga merupakan kombinasi dari fotosintesis dan mikroba yang kompatibel, serta kodependen. Dijelaskan oleh Neri Oxman, mikroba di pakaian ini berfotosintetik serta mengkonversi cahaya matahari menjadi sukrosa, dan digunakan oleh mikroba yang kompatibel untuk menciptakan "produk yang bermanfaat bagi manusia dan mikroba", atau sistem yang bekerja sebagai "pabrik mikroba". 
Penampakan Mushtari dari dekat


Mushtari bahkan diklaim mampu mengubah unsur-unsur yang ditemukan di atmosfer untuk salah satu elemen klasik mendukung kehidupan: oksigen untuk bernafas, foton untuk melihat, biomassa untuk makan, biofuel untuk bergerak, dan kalsium untuk membangun.


Ilustrasi Musthari yang 'fashionable'

Tahu apa gunanya semua itu, karena semua itu diperlukan apabila manusia hendak 'berpergian' ke planet lain yang kondisinya tidak sesuai untuk kehidupan manusia. Dengan nama yang berarti 'Planet Jupiter', serta diklaim bisa menghidupi penggunanya di planet lain, akankah pakaian yang 'hidup' ini bisa membuat manusia hidup di Planet Jupiter? (@pojokseni)

Follow twitter kami @pojokseni atau like FB kami : pojokseni.com untuk update informasi terkait seni, event kesenian dan sastra lainnya.

Ads