10 Lagu Slow Rock Paling Keren Tahun 90-an (Nostalgia) -->
close
Pojok Seni
06 August 2015, 8/06/2015 07:36:00 PM WIB
Terbaru 2017-06-30T20:42:10Z
BeritaMusik

10 Lagu Slow Rock Paling Keren Tahun 90-an (Nostalgia)

Advertisement

pojokseni.com - Musik Indonesia, sempat menjadi pusat perhatian, terutama Asia Tenggara pada awal tahun 1990-an. Ketika itu, dunia masih dikuasai oleh Grunge, Funk, dan Heavy metal. Band-band dan musisi di Indonesia berikut ini adalah penghasil karya-karya yang tak lekang dimakan zaman pada tahun 1990. Berikut pilihan 10 lagu terfavorit dan paling keren tahun 1990 pilihan pojokseni.com :


1. Bayangan (U'Camp Band-1993)




U'Camp Band

Perpaduan permainan gitar Klasik dengan tekhnik fingering 'tingkat dewa' milik Ovie (Sekarang gitaris /Rif) diawal membuka lagu ini. Suara Rudy Karamoy yang melengking pada reff lagu ini, membuat liriknya tidak bisa cepat hilang dari fikiran kita. Sayang band ini sempat vakum sekitar 10 tahun, lantaran dua personelnya, Ovie (/Rif) dan Shandy (Pas Band) sama-sama hijrah ke band lain.


2. Kangen (Dewa 19 -1992)



Dewa 19
Tidak ada yang bisa membantah bahwa Dewa 19 adalah band legendaris dan berkualitas tinggi di Indonesia. Lagu karangan Ahmad Dhani (Keyboard) ini, dilantunkan dengan baik oleh Ari Lasso (sekarang solo karir). Jangan pula melupakan sayatan melodi milik Andra di lagu ini yang akan 'stuck in your head'.


3. Bila Engkau Izinkan (Hengky Supit- 1995)




Hengky Supit

Ketika lagu ini tenar dulu, penulis bahkan masih duduk di bangku SD. Vokalis dari band Whizzkid ini memutuskan solo karir dan menelurkan single berjudul Bila Engkau Izinkan. Suara melengking dari the best vokalis di Festival Rock VI Log Zhelebour ini membuat lagu ini menjadi salah satu lagu terfavorit di chart radio saat itu.


4. Pak Tua (Elpamas-1991)




Elpamas

Lirik lagu Elpamas memang selalu humor dan lucu. Termasuk Lagu berjudul 'Pak Tua' yang sempat ngehits di tahun 1991. Lagu ini juga menginspirasi para penulis, dengan munculnya Monolog : Lagu Pak Tua yang beberapa kali dipentaskan, dengan iringan lagu ini. Tapi, lagu ini adalah ciptaan Iwan Fals.


5. Kasih (Jangan Kau Pergi) (Bunga Band - 1997)




Bunga Band

Lagu ini adalah milik Bunga Band yang digawangi oleh Galang Rambu Anarki (Alm) yang merupakan anak kandung dari Iwan Fals. Sayangnya, Galang meninggal dunia sebelum lagu ini rilis.


6. Bongkar (Swami-1990)




Swami

Lagu ini terpilih sebagai lagu Indonesia terbaik sepanjang masa versi Majalah Roling Stones. Namun, pada massanya, lagu yang dinyanyikan oleh Swami, band yang digawangi oleh Iwan Fals dkk ini sempat diboikot oleh Pemerintah sehingga hampir tidak bisa direkam.


7. Salam Untuk Dia (Voodoo-1995)




Cover album Voodoo Band
Ini salah satu lagu terfavorit pilihan tim pojokseni.com. Seperti lagu tahun 90-an pada umumnya, karakter vokal Opi Danzo di lagu ini juga kuat dan tinggi.


8. Sanggupkah (Andy Liani-1993)




Andi Liany

Lagu ini sempat nge-hits ditahun tersebut. Sayangnya, vokalis rock jebolan gang potlot yang sempat tergabung dengan band Fargat 727 bersama Pay (BIP) dan Ronald (eks Gigi) ini meninggal dunia pada tahun 1995.


9. Biru (Kidnap-1993)


Kidnap Band

Kidnap adalah band dengan Anang Hermansyah sebagai vokalisnya. Mantan suami Krisdayanti ini merilis album Katrina pada tahun 1993 dengan bandnya dengan Massto (adik kandung Bimbim Slank) dan Koko (kakak kandung Kaka Slank) dengan hits single Biru. Sayangnya, setelah menelurkan album ini, Kidnap bubar dan Anang Hermansyah kembali bersolo karir.


10. Ikuti (Edane-1992)




Edane

Lagu ini yang mengantarkan Edane menuju puncak ketenarannya. Saat itu, Eet Syahrani masih menggaet Eki Lamoh sebagai vokalis. Begitu terkenalnya lagu ini, sehingga Edane dibaiat sebagai band pembuka Sepultura di Surabaya tahun 1992 dan membawakan lagu ini.   


Mohon maaf apabila lagu favorit anda di tahun 90-an tidak masuk di list ini. Kritik dan saran tentu diterima dengan lapang dada. Bila ingin mengutip sebagaian atau seluruh artikel ini harap menyertakan sumber : www.pojokseni.com