Tak Patah Arah, Manusia Purba Menggunakan Berbagai Teknik Untuk Melukis -->
close
Satria Marcelino
21 February 2018, 2/21/2018 03:42:00 PM WIB
Terbaru 2018-02-22T02:57:38Z
ArtikelSejarahSeni

Tak Patah Arah, Manusia Purba Menggunakan Berbagai Teknik Untuk Melukis

Advertisement
Manusia Purba Melukis
pojokseni.com - Pada zaman yang semakin modern ini, banyak cara yang digunakan untuk menghasilkan karya seni terutama seni rupa atau lukis. Tentu melukis membutuhkan keahlian khusus agar dapat menghasilkan karya. Banyak teknik yang bisa dilakukan untuk menghasilkan suatu lukisan, seperti melukis menggunakan cat air, melukis di atas air, ataupun melukis menggunakan media pasir.

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan lukisan. Apakah kalian tahu bahwa lukisan sudah dibuat sejak zaman purba ? Benar, manusia purba sudah bisa menghasilkan karya lukisan walaupun mereka tidak mempunyai kanvas, pensil ataupun cat air.
Lukisan Gua Leang-Leang
Lukisan gua, itulah sebutannya. Tidak hanya ditemukan di luar negeri, Indonesia mempunyai banyak lukisan gua, seperti yang ada di gua Leang Leang yang bertempat di Maros, Sulawesi Selatan. Tujuan manusia purba membuat lukisan adalah karena adanya kepercayaan magis dimana mereka mempercayai adanya roh-roh di sekitar mereka seperti roh-roh hewan dan mereka mengharapkan keselamatan dari para roh dengan melukisnya.

Dengan ditemukanya berbagai lukisan gua, para arkeolog mulai mencari bagaimana manusia purba dapat melukis di zaman itu ? Di zaman yang tidak ada teknologi apapun ?
Berikut cara manusia purba melukis : 

  • Garis-Garis Lukisan
Ilustrasi 1







Manusia purba membuat garis-garis lukisan di dinding gua dengan menggunakan bulu hewan atau batang pohon yang telah mereka celupkan  ke dalam mangkuk dari tulang atau batu berisi bubuk warna.

  • Warna Lukisan
Ilustrasi 2
Mereka membuat warna dengan cara menghancurkan bebatuan yang ditemukan di alam sekitarnya. Warna-warna yang dihasilkan adalah kuning, cokelat, jingga, hitam, dan merah, sesuai dengan warna pada batu dan sesuai dengan warna yang mereka butuhkan.

  • Media Melukis
Ilustrasi 3
Media mereka untuk melukis adalah jari mereka sendiri, kuas dari bulu hewan, atau daun yang telah dilumuri cat dan langsung mereka terapkan pada dinding gua yang telah mereka siapkan. 

  • Lukisan Tangan Di Gua

 
Ilustrasi 4

Manusia purba sering membuat lukisan bergambar tangan. Mereka membuat lukisan cetakan tangan mereka dengan menempelkan tangan ke dinding gua, lalu meniupkan cat yang telah mereka buat lewat batang yang dilubangi seperti sedotan, mengikuti bentuk tangan.

  • Tangga Kayu
Ilustrasi 5
Apa fungsi tangga kayu bagi mereka ? Fungsinya yaitu untuk membantu mereka agar bisa melukis pada dinding gua yang tinggi atau yang tidak terjangkau karena tingginya.

  • Obor
Ilustrasi 6
Gua tentulah gelap dan dalam serta jauh dari sinar matahari, maka dari itu mereka berfikir untuk membuat gua menjadi terang. Mereka menyediakan alat penerangan sederhana, yaitu berupa kayu sebagai obor dan lemak binatang yang terbakar untuk lampunya.

Manusia tetaplah manusia, mereka memiliki akal dan banyak cara untuk berkarya. Meskipun manusia purba, mereka sudah membuktikan bahwa banyak cara untuk bisa melukis. Apakah kalian punya pengalaman berkunjung ke lukisan gua ? Jika kalian mengunjungi lukisan gua, kalian bisa mengirimkan lewat dinding facebook kami ataupun lewat instagram dan jangan lupa tag kami @pojok.seni , nanti akan kami repost. Mari kita berbagi cerita ! (smc/pojokseni.com)

Ads