Teater Gong SMAN 29 Jakarta Raih Juara Festival Teater SLTA Se-Jabodetabek

Festival Teater SLTA Se-Jabodetabek 2017

27 Tahun Festival Teater SLTA



pojokseni.com - Gelaran Festival Teater SLTA/Sederajat (FTS) Se-Jabodetabek kembali digelar tahun 2017 ini pada tanggal 2 hingga 24 September 2017 lalu. Dari gelaran yang diikuti oleh 27 peserta tersebut, Teater Gong SMAN 29 Jakarta berhasil menjadi pemenang pertama dan menyabet sejumlah penghargaan bergengsi seperti sutradara terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik dan aktor pendukung terbaik. Juara kedua diamankan oleh Teater Bias SMK Budi Asih, sedangkan juara ketiga diraih oleh Teater Hangtuah SMA Hangtuah 1 Jakarta, yang juga berhasil menyabet gelar penata artistik terbaik dan penata cahaya terbaik.

Berturut-turut di belakangnya, Teater 45 Perjuangan dari SMK 45 Jakarta, dan Teater Nalatar SMA 1 Nasional Bekasi menjadi juara 4 dan 5. Penghargaan lainnya seperti naskah terbaik, musik terbaik dan penatar rias terbaik diraih oleh Teater Teman SMAN 32 Jakarta. Sedangkan penghargaan Maket terbaik didapat oleh Teater Semut SMA 9 Depok. Teater Total SMAN 54 Jakarta mendapatkan penghargaan poster terbaik serta Teater Patlapiti dari SMAN 48 Jakarta meraih penghargaan grup terpuji dan Aktris pendukung terbaik. 

Penmapilan salah satu grup di FTS 2017 Jabodetabek
“Tahun ini menjadi pelaksanaan yang sangat berkesan bagi kami. Kami setelah hampir sepuluh tahun lebih FTS mendapat biaya dari Dinas pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akhirnya untuk tahun in kami tidak mendapatkan sedikitpun bantuan dana tersebut,“ kata Supervisi FTS Se-Jabodetabek, Dwi

“Namun bagi kami ini menjadi tantangan yang menarik dan kami berjanji akan melaksanakan acara ini semeriah mungkin yang kami bisa,“ sambung dia.


Sekilas Tentang FTS : Festival Teater Tingkat SMA Tertua di Indonesia

FTS 2017 Se-Jabodetabek

Festival Teater SLTA se-Jabodetabek adalah acara rutin tahunan yang berlangsung sejak 1989, atau dengan kata lain adalah merupakan Festival Teater tingkat SMA tertua di Indonesia bahkan konon se-Asia Tenggara. Lahir dari gerakan perubahan dari beberapa anak-anak SMA pada masa-nya, adalah Aas Adiputera (Teater 70 – SMA Negeri 70 Jakarta) sebagai pencetus bergulirnya Festival Teater SLTA se-Jabodetabek ini, untuk kemudian disambut oleh group-group teater SLTA (SMA) pada tahun tersebut.

Awal mula bergulirnya Festival Teater ini adalah merupakan wadah atau ruang untuk bereksplorasi dan berkreasi bagi group-group Teater SMA, dengan format kompetisi yang adil dan berazaskan silahturahmi kekeluargaan. Yang menarik dari Festival ini adalah format kepanitian menggunakan sistem arisan di mana pada penghujung acara atau biasanya pada saat malam penganugrahan akan dikocok siapa yang bertugas menjadi panitia tahun berikutnya.

Pada tahun ini Teater Detik dari SMAN 86 Jakarta menjadi giliran setelah melalui mekanisme sistem pengocokan tersebut. Acara Festival Teater SLTA sendiri berlangsung dari tanggal 2  hingga 15 september 2017 dengan diikuti oleh 27 peserta terpilih dari berbagai sekolah se-JABODETABEK setelah sebelumnya telah melalui mekanisme kurasi atau penyisihan.


Memang pada akhirnya acara yang sudah berlangsung lama ini tetap berjalan dan bahkan malam anugrah atau yang disebut sebagai malam puncak dari segala macam rangkaian acara FTS ini yang digelar pada 24 september 2017 berlangsung dengan sangat meriah. (Q/pr/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...