Goggle Apresiasi Seniman Serbabisa asal Yogya, Bagong Kussudiardja

Tampilan Google Doodle hari ini


pojokseni.com - Laman utama Google Doodle kerap memberi apresiasi pada tokoh penting dan berjasa di hari ulang tahunnya. Sama seperti di hari Senin (9/10/2017), Google menampilkan sosok pelopor seni Jawa, juga seniman pembaharu dan seniman serbabisa asal Yogyakarta, Bagong Kussudiardja. Apresiasi tersebut diberikan google di hari ulang tahunnya yang ke 89 tepat pada tanggal 9 Oktober 2017.

Bagong adalah seniman yang menghabiskan hari-harinya untuk mempelajari seni, mulai dari musik, lukis, tari dan menciptakan karya-karya yang memberi pencerahan pada seniman di bawahnya. Bagong sempat belajar seni di Amerika, sekitar tahun 1957 bersama Martha Graham, seorang seniman tari legendaris dunia yang juga menjadi pembaharu lewat tekhniknya yang mumpuni. Setelah pulang, Bagong menggabungkan gerakan modern yang dipelajarinya di Amerika dengan gerakan tradisional tari Indonesia, menjadikan satu bentuk kontemporer yang berhasil mengangkat pamor tarian tradisional Indonesia. Padepokan seni Bagong Kussudiardja yang didirikannya tahun 1978, juga terus eksis hingga hari ini.

Bagong Kussudiardja

Baca juga : Yuk, Belajar Gamelan Dengan PLT Bagong Kussdiardja, Bantul


Selain karya tari, Bagong juga mengejutkan dunia seni Indonesia dengan karya lukisnya yang fenomenal. Mitos, mistik dan kultur Indonesia, menyatu lewat goresan kuas catnya, yang penuh warna dan penuh arti. Oleh karena itu, Google juga mengapresiasi perayaan ulang tahun sang pelopor dunia seni yang populer ini.

Bagong meninggal pada tahun 2004 silam. Ia meninggalkan 3 orang putra dan 4 orang putri. Anak-anaknya juga merupakan seniman ternama dan pembaharu di Indonesia. Dua di antaranya yang paling populer adalah Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto. Bila Butet Kertaradjasa terkenal di atas panggung dengan akting monolog dan drama, maka Djaduk terkenal dengan kemampuan musiknya juga aransemen yang menyentuh dan kaya nada. (ai/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...