Buku Puisi Rekaman Terakhir Beckett, Jukstaposisi dan Citraan yang "Digeserkan"




pojokseni.com - Ada lagi buku puisi yang bisa Anda jadikan bacaan yang menambah wawasan, diksi dan membuka cakrawala. Salah satunya yang direkomendasikan pojokseni.com adalah "Rekaman Terakhi Beckett". Yah, sekilas mengingatkan kita pada sosok revolusioner dunia teater, Samuel Beckett juga salah satu judul lakon yang dikarangnya yang begitu fenomenal "Rekaman Terakhir Krapp".

Dari judulnya, buku puisi yang dikarang oleh Ari Pahala Hutabarat ini mencoba mengenalkan sesuatu yang baru, sebagaimana Beckett melabrak sekat-sekat drama pada era 70 hingga 80-an silam. Ternyata benar saja, tidak seperti puisi yang menawarkan keindahan kata, Rekaman Terakhir Beckett justru "mengelak dari yang indah".

"Puisi-puisi dalam Rekaman Terakhir Beckett menghindari kepuitikan: rima, bunyi, diksi, frasa dengan model pelarikan yang tak tertib. Enjebemen yg terkesan sekenanya."

Penulis telah membebaskan diri dari segala macam bentuk permainan Sintagmatik yg kerap kita jumpai dalam puisi lirik. Penghancuran keindahan Bunyi, Rima, Metrum, Frase dan Metafora itulah yang kemudian membuat puisi-puisi itu lebih bebas mengembara ke padang tafsir yang lebih luas dan kaya. Pembaca akan digiring kepada dunia yang lain, benar-benar lain.

Jika penulis hendak "mengelak dari yang indah", lalu apa yang ingin ditawarkan? Dalam buku ini, penulis meyajikan kepuitikannya melalui Jukstaposisi dan citraan yang digeser-geser Konteks dan Perspektifnya dengan narasi-narasi besar yg diusungnya sekaligus memberi kita pengalaman kebahasaan atau kepuitikan yang lain. Menyelami kekayaan kumpulan puisi ini adalah tidak mungkin jika kita (pembaca) tidak dapat merefleksikan ke dalam diri sendiri. Maka, kita perlu mengujinya sendiri.

Rekaman Terakhir Beckett merupakan sesuatu yang lain sekaligus 'Pengusik' dg gayanya yang khas."


Tertarik untuk mendapatkan buku ini, Anda bisa memesannya seharga Rp 50.000 (belum terhitung ongkir). Buku ini dapat dipesan melalui narahubung:

Alexander Gebe: +6281272533337 (telp/wa)
Devin Nodestyo : +6285669775773
Yulizar Fadli Lubay : +62 815 4022 729

Cara pemesanan, silahkan SMS atau WA dengan fomat nama, alamat pengiriman dan jumlah buku yang dipesan. Peluncuran buku ini akan dihelat pada Bulan Oktober 2017 ini. (ai/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...
Spot Iklan