Tips Berbisnis Tembikar untuk Pemula -->
close
Pojok Seni
10 March 2023, 3/10/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-03-10T05:37:45Z
Artikel Sponsor

Tips Berbisnis Tembikar untuk Pemula

Advertisement


PojokSeni - Seniman terutama seni rupa seperti pematung tentunya sangat tertarik untuk membuat benda-benda bernilai seni dengan bahan-bahan seperti tanah liat, kayu, dan sebagainya. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah tembikar, atau alat keramik berbahan tanah liat yang kemudian dibakar sebelum digunakan.


Kenapa tembikar, karena tembikar adalah salah satu peralatan yang paling banyak dicari oleh konsumen. Yah, barang-barang seperti pot, mangkok, mug, dan piring misalnya, bisa disebut sebagai kebutuhan wajib yang mesti dimiliki setiap rumah. Karena itu, kerajinan tembikar bisa menjadi penghasilan bagi para pengrajin, juga seniman untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 


Pematung membuat satu patung atau mahakarya lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, ada seniman yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan sebuah mahakaryanya. Tentunya, di tengah-tengah pembuatan karya tersebut, seniman membutuhkan dana untuk menyelesaikan patung tersebut. Nah, tembikar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seorang seniman perupa mendapatkan pemasukan rutin di sela-sela persiapan pameran misalnya.


Bila Anda adalah salah satu dari pengrajin yang hendak memulai bisnis tembikar atau gerabah, maka persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti tanah liat atau clay, pemotong, papan pemutar, pembakar, dan sebagainya. Setelah itu, persiapkan pula manajemen dan sirkulasi barang tersebut nantinya. Saat ini, Anda bisa menjual produk-produk Anda lewat daring dan sejumlah online shop.


Tapi, tembikar tentunya berbeda dengan barang-barang biasa. Bobotnya cukup berat, rata-rata pot tembikar misalnya memiliki berat 7 kg. Dengan jumlah pembelian lebih dari satu, tentunya bobotnya akan sangat berat, maka biaya pengirimannya juga akan sangat mahal, bukan?


Pengiriman Melalui Cargo

Pengiriman lewat kargo adalah pilihan yang tepat dan terjangkau untuk pengrajin tembikar atau gerabah. Biaya yang  dikeluarkan untuk pengiriman barang lewat kargo, bila dibandingkan dengan paket ekspress misalnya, akan sangat jauh perbandinganya. Bahkan, ongkos kirim menggunakan ekspress bisa sampai dua kali lipat dari harga pengiriman dengan kargo.


Kargo adalah layanan pengiriman barang dengan jumlah besar. Minimal bobot minimum untuk pengiriman kargo umumnya, adalah 10 kilogram. Bagi pemilik usaha seperti  fashion, dan otomotif, tentunya untuk mencapai berat 10 kg diperlukan barang yang sangat besar dan banyak. Tapi, untuk pengusaha tembikar, maka hanya perlu satu atau dua produk saja yang dikirimkan untuk mencapai bobot berat minimum tersebut. Tapi, tentunya tidak sembarangan kargo yang bisa Anda pilih untuk pengiriman tembikar atau gerabah. Sebab, penanganan untuk tembikar mesti lebih hati-hati, dan Anda perlu penyedia jasa pengiriman kargo yang mampu menawarkan pengiriman yang aman, efektif, dan efisien.


Salah satu penyedia jasa pengiriman kargo di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan adalah J&T Cargo

Kenapa J&T Cargo? Sebab, kelebihan dari J&T Cargo adalah harga yang lebih efisien. Anda bahkan bisa mengirim paket dengan berat mulai dari 5kg. Tentunya itu, adalah bobot rata-rata satu tembikar berukuran besar (pot tanaman, atau setengah lusin mangkok). Ada beberapa pilihan paket pengiriman mulai dari H50 untuk barang seberat di bawah 50 kg, sampai yang paling besar H500 untuk barang dengan berat di bawah 500 kg.


Manfaatkan Website dan Media Sosial


Kemajuan teknologi saat ini sudah membuka peluang Anda untuk menjual produk tembikar yang Anda produksi ke seluruh Indonesia, bahkan ke mancanegara. Karena itu, manfaatkan website atau mungkin media sosial untuk menjadikan Anda mampu menjual produk ke seluruh tempat. Anda bisa memanfaatkan jasa iklan dari website tertentu, atau blog, atau mungkin beriklan di media sosial. 


Tembikar bisa menjadi kebutuhan banyak orang, meski bukan kebutuhan primer. Karena itu, besar kemungkinan Anda bisa mencapai konsumen Anda di manapun berada. Untuk mendukung pengirimannya, Anda masih bisa memanfaatkan jasa Cargo dari J&T Cargo. Sebab, jangkauan dari J&T Cargo sudah meliputi lebih dari 98% wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan barang Anda ke konsumen yang ada di seluruh Indonesia, di manapun wilayahnya.


Jaga Kualitas Produk


Untuk menjaga kualitas produk, dua tahap yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan kualitas produk yang Anda hasilkan merupakan kualitas terbaik. Kedua, pastikan produk tersebut tetap terjaga kualitasnya ketika sampai di tangan konsumen Anda. Itu berarti, proses pengiriman mesti menjadi hal yang mesti Anda perhatikan dengan teliti. Jasa cargo dari J&T Cargo mengaplikasikan EzTrack, yang merupakan integrasi API (Application Programming Interface). Dengan penerapan teknologi ini, proses pengolahan informasi menjadi jauh lebih cepat, sekaligus jadi lebih akurat. Anda bisa terus mendeteksi dan mengawasi di mana posisi barang yang Anda kirimkan, sehingga bisa terus menginformasikan pada pelanggan Anda.


Itu tadi tips berbisnis tembikar atau gerabah bagi para seniman yang ingin mencoba mencari penghasilan rutin, sembari menyiapkan mahakaryanya. Tentunya, terpenting mengutamakan pengiriman produk Anda nantinya. Hal tersebut akan sangat penting, karena sirkulasi produk Anda bisa menjadi lebih baik dan tepat sasaran, serta lebih murah biaya.

Ads