Apa Itu Bondek? Ini Penjelasan Detailnya -->
close
Pojok Seni
17 January 2023, 1/17/2023 04:08:00 PM WIB
Terbaru 2023-01-17T09:08:26Z
Artikel Sponsor

Apa Itu Bondek? Ini Penjelasan Detailnya

Advertisement
Bondek, apa itu?
Bondek, apa itu?

Pojok Seni - Sebelum membuat rumah, banyak hal yang harus diperhatikan terutama dalam proses pembangunan fondasi. Bisa dikatakan ini merupakan kaki untuk rumah, tidak heran jika harus dipastikan kuat dan dapat bertahan lama. Ada banyak komponen yang sering digunakan dalam proses pembuatan pondasi rumah. Satu yang tidak bisa ditinggalkan adalah bondek atau bondex, apakah Anda sudah mengetahui apa jenis bahan tersebut? Begitu pula dengan penggunaan yang seperti apa? Yuk, simak berikut ini!


Jika Anda sudah mengenal bekisting, tentu akan lebih mudah mengenal apa itu yang dimaksud dengan bondex. Ya, bondex atau bondek adalah pengganti bekisting yang dibuat dari bahan galvanis dan juga galvalum. Bisa dikatakan mirip dengan bekisting, dimana umumnya digunakan dalam proses pengecoran plat cor dak ataupun dalam lantai rumah. Namun memang ada baiknya fahami apa saja kelebihannya dan alasan apa itu menggunakan jenis bahan pembangunan tersebut.


Sama seperti yang lainnya, untuk bondex sendiri memiliki beberapa kelebihan antara lain:


  1. Bila melihat bahan bekisting kebanyakan harus dilakukan pelepasan setelah pengecoran selesai. Tetapi untuk bahan bondex sendiri Anda tidak perlu melakukan pelepasan karena sudah langsung menyatu dengan struktur bangunan.
  2. Dalam proses penggunaannya tidak terlalu banyak memerlukan perancah atau steger, karena tidak memerlukan adanya tiang tambahan. Sehingga proses kerja akan lebih cepat baik dari segi tenaga maupun biaya yang diperlukan rendah.
  3. Karena pada bagian cetakan yang tidak perlu adanya pelepasan, hasil permukaan cor untuk jenis bondex juga terlihat lebih rapi. Selain itu juga mengurangi kemungkinan adanya keropos yang dapat membuat masalah seperti kebocoran dan lainnya.
  4. Proses kerja yang lebih cepat, biaya yang lebih ekonomis tentu akan memberikan lebih banyak penghematan. Bahkan bisa dikatakan penggunaan bondex sendiri dapat menurunkan jumlah dari bahan cor sekitar 15-25 persen.


Pembuatan Dak berbahan bondex
Pembuatan dak berbahan bondex


Pada dasarnya memang setiap bahan pembangunan itu memiliki kelebihan ataupun kekurangan berbeda. ini tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk Anda yang akan menentukan menggunakan jenis yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan, bangunan dan keinginan apalagi melihat dari beberapa segi berbeda. Namun sama, untuk menemukan segala jenis kebutuhan bangunan termasuk bondek Anda bisa langsung saja ke Baja Utama Steel. Menawarkan lebih lengkap, terpercaya dan terbesar di Indonesia jadi kualitas dan harga tidak perlu diragukan lagi. 

Ads