Pertunjukan Bungo Krinok Dipentaskan di Muaro Bungo -->
close
Pojok Seni
20 October 2022, 10/20/2022 07:03:00 PM WIB
Terbaru 2023-05-27T12:08:52Z
BudayaMedia PatnerSeni

Pertunjukan Bungo Krinok Dipentaskan di Muaro Bungo

Advertisement
Pentas Bungo Krinok di Muaro Bungo
Pentas Bungo Krinok di Muaro Bungo


Pojok Seni - Pertunjukan bertajuk desiminasi dan sosialisasi musik Bungo Krinok yang digelar Rabu (19/10/2022) berhasil memukau pemirsanya di Eks Arena MTQ Ma. Bungo, Komplek Perkantoran Bupati, Rimbo Tingah Muaro Bungo, Jambi. Pertunjukan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan nyanyian Krinok untuk model anak-anak, remaja, dan dewasa dalam rangka pemajuan seni budaya musik Jambi. (Baca berita sebelumnya: Rekayasa Musik Bungo Krinok, Pemeliharaan Eksistensi dan Esensi Musikologis Nyanyian Krinok)


Pertunjukan ini juga bentuk luara dari program sosialisasi hasil pelatihan tenaga pelatih (TOT) tiga musik model Anak-anak, Remaja dan Dewasa di Kabupaten Muaro Bungo/Tebo. Ketua tim peneliti, Prof Dr Mahdi Bahar menyatakan bahwa pentas ini diharapkan dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan musikologis dan genre musik “baru” berbasis kebudayaan Daerah Jambi sebagai bagian dari upaya pemajuan kebudayaan nasional Indonesia. Nantinya, pertunjukan ini bisa dimanfaatkan oleh kalangan akademis dan perguruan tinggi seni khususnya atau pun sekolah-sekolah, serta kelompok-kelompok seni, dan kepariwisataan. 


"Hasil penelitian bisa dijadikan rujukan atau perbandingan bahkan inspiratif untuk mengembangkan genre-genre musik kebudayaan suku bangsa lain di Indonesia, sehingga apa yang diamanatkan dalam UUD-1945, pasal 32, ayat (1) terlaksana dengan baik, serta mengimplementasikan khususnya Pasal 4, Undang-Undang Republik Indonesia No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," terang Mahdi Bahar.


Penampilan ini juga merupakan implementasi dari disseminasi dan sosialisasi musik Bungo Krinok dalam bentuk pelatihan musik dengan model mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Genre musik krinok yang sederhana seperti dibicarakan sebelumnya, menurut Mahdi Bahar, dengan segala aspek musikologisnya merupakan fakta empiris, baik secara estetika dan artistika maupun secara kultural, bisa dijadikan dasar atau rujukan untuk membuat sesuatu yang lebih kompleks. 


Para pemain musik bungo krinok model anak-anak
Para pemain musik bungo krinok model anak-anak


"Dapat dilihat sebagai perbandingan betapa musik jazz yang embrionya adalah musik rakyat Afrika barat sebagai musik yang lahir dari ekspresi kerja rutin sehari petani dengan karakteristik utamanya menggunakan ritme-ritme kompleks (polyrhythms), tumbuh dan berkembang menjadi genre musik dunia," terang Mahdi Bahar.


Pertunjukan Bungo Krinok masih akan dipentaskan lagi di Kota Jambi. Rencananya, pentas tersebut akan digelar pada hari Selasa (1/11/2022) mendatang. Untuk pentas di Kota Jambi, rencananya akan digelar di SMA Al-Falah Kota Jambi, yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Selamat, Simpang Kawat, Jambi.

Ads