Toyota Raize, SUV Keluarga dengan Fitur Keselamatan Canggih dan Tingkat Tinggi -->
close
Pojok Seni
29 December 2021, 12/29/2021 01:26:00 PM WIB
Terbaru 2021-12-29T11:28:42Z
ArtikelOpini

Toyota Raize, SUV Keluarga dengan Fitur Keselamatan Canggih dan Tingkat Tinggi

Advertisement

Salah satu pertimbangan untuk mencari mobil keluarga adalah adanya fitur untuk memastikan keselamatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi di dalam mobil tersebut. Jadi, selama berkendara, seisi mobil bisa tetap nyaman menikmati perjalanan.


Salah satu mobil SUV kompak yang dirilis oleh Toyota baru-baru ini adalah Toyota Raize. Salah satu kelebihan dari Toyota Raize adalah adanya Toyota Safety Sense (TSS) yang disematkan di dalam mobil SUV satu ini. 


Apa itu TSS dan apa saja kelebihannya? TSS ialah seperangkat fungsi yang ditujukan untuk menjadikan pengemudi lebih aman dan selamat ketika berkendara. Ada berbagai fungsi di dalamnya, seperti:


  • Pre-collision system
  • Adaptive cruise control
  • Lane departure alert with steering control
  • Rear cross traffic alert
  • Blind spot monitor
  • Pedal misoperation control


Nah, dari deretan fungsi keselamatan tersebut apa saja tugas dan guna masing-masing? Sebelumnya, perlu dicatat bahwa Toyota Safety Sense tersebut ada di tipe 1.0T GR Sport, yang didesain agar bisa melihat kondisi sekeliling mobil dan mencegah kecelakaan. Tidak hanya itu, sense ini juga mengawasi potensi bahaya dari sekitar kendaraan. 


Agar lebih tahu tentang Toyota Safety Sense alias "Indra pengamanan" ini yang disebut dalam spesifikasi Toyota Raize ini. Mari kita ulik satu per satu. 


- Pre-collision system


Sistem pra-tabrakan, atau sebelum tabrakan terjadi yang mengandalkan kamera dan radar di bagian depan mobil. Sistem ini ditujukan untuk memberi peringatan apabila ada kemungkinan atau potensi kecelakaan dari depan. Berkat fitur satu ini, Anda bisa menghindari potensi tabrakan karena sudah ada peringatan dini sebelumnya. Bila Anda menghiraukan peringatan tersebut, Toyota Raize akan melakukan pengereman sendiri untuk menyelamatkan Anda.


- Adaptive cruise control


Kontrol jelajah adaptif, sistem yang biasa ditemukan pada mobil harga selangit. Namun, untuk harga mobil sesuai budget keluarga Indonesia, ini adalah yang pertama. Fitur ini membaca kendaraan di depan dan memastikan tetap berada di jarak aman.


- Lane departure alert with steering control


Peringatan jalur berjalan dengan kontrol kemudi. Maksudnya, bila mobil kita keluar dari lajur maka fungsi ini akan memberikan peringatan. Pada saat tertentu, fitur ini akan melakukan koreksi pada arah kemudi.


- Rear cross trafic alert


Lewat fitur ini, pengemudi akan mendapatkan gambaran dan informasi tentang adanya objek yang bergerak di belakang mobil dengan sensor canggih. Tentunya, ini sudah jauh lebih canggih dan aman dari kamera mundur di belakang mobil.


- Blind spot monitor


Fitur ini berfungsi untuk membantu pengemudi melihat objek yang berada di titik buta. Maksudnya, objek tersebut berada di belakang mobil namun tidak terlihat di kaca spion. Akan ada indikator yang menyala untuk memberi tahu hal tersebut. Ini akan sangat berguna ketika Anda berada di perjalanan, ingin berpindah jalur, dan sebagainya.


- Pedal misoperation control


Kontrol untuk mengecek kesalahan pengoperasian pedal. Fitur ini mencegah pengemudi untuk salah pijak pedal. Misalnya, ketika ingin memijak pedal rem, malah tertekan pedal gas. Akan ada bunyi di dalam kabin dan indikator di panel yang menjadikan ketika ada halangan, mobil, atau lainnya di depan, namun pengendara salah injak pedal, mobil akan otomatis terhenti dan tidak melaju.


Nah itu tadi deretan fitur keamanan yang ada di Toyota Raize dan tentunya akan membuat Anda semakin yakin dan nyaman berkendara dengan mobil satu ini. Apalagi pelek mobil yang besar, ground clearance yang tinggi, bagasi lebih luas, bertingkat dan fleksibel. 


Jadinya, Toyota Raize tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika sedang mencari mobil keluarga idaman yang tangguh untuk berbagai medan. Terpenting adalah, meski dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan yang terintegrasi di dalamnya, namun harga untuk Toyota Raize masih terjangkau dan pas untuk keluarga Indonesia.


Untuk pembelian Toyota Raize yang terpercaya dengan harga terbaik, Anda bisa mempertimbangkan pembelian di situs Auto2000. Auto2000 ini merupakan situs e-commerce yang menjadi tempat penjualan resmi Toyota Indonesia. Mulai dari mobil, suku cadang, hingga aksesoris bisa Anda temukan di situs Auto2000 ini. Ditambah lagi, akan ada banyak kemudahan mulai dari pemesanan dari rumah, pelacakan status servis dan sebagainya, bila Anda melakukan pembelian lewat situs ini.

Ads