Apa saja Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan -->
close
Pojok Seni
14 December 2021, 12/14/2021 10:34:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-14T14:07:16Z
Rekomendasi

Apa saja Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan

Advertisement
Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Memiliki rumah di era saat ini tentunya akan lebih mudah bila bisa didapatkan dengan mencicil perumahan. Bahkan bila dibeli secara tunai pun, memiliki rumah di perumahan masih lebih dipilih banyak orang. Penyebabnya, karena sudah ada ekosistem masyarakat yang ada, sehingga Anda tidak akan tinggal sendirian.


Meski demikian, ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi oleh perumahan. Bahkan, di beberapa daerah, bila tidak dilengkapi dengan fasilitas tersebut, izin untuk mendirikan perumahan tidak akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.


Kelengkapan fasilitas ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk Anda memilih perumahan yang tepat menjadi hunian keluarga Anda. Apa saja fasilitas yang mesti dimiliki perumahan? 


Fasilitas yang wajib dimiliki perumahan


Ruang Terbuka Hijau


Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Fasilitas pertama yang mesti dimiliki oleh perumahan adalah ruang terbuka hijau. Hal ini diwajibkan ada di setiap perumahan untuk menunjang suasana lingkungan yang asri dan memiliki udara yang segar. Hal ini diwajibkan untuk menjaga sirkulasi udara di perumahan tetap segar dan alami, juga menjaga kesehatan warga yang tinggal di perumahan tersebut.


Selain itu, biasanya ruang terbuka hijau ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas tambahan seperti kursi taman, lampu malam, dan area untuk bersantai. Oleh karena itu, pastikan perumahan yang Anda pilih memiliki ruang terbuka hijau tersebut.


Pengolahan Air Bersih

Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Ini juga wajib dimiliki oleh perumahan, bahkan perumahan bersubsidi sekalipun. Karena air adalah kebutuhan primer bagi manusia, sehingga ketersediaan air bersih di perumahan menjadi hal yang wajib untuk disediakan developer atau pengembang.


Pengolahan air bersih, atau water treatment plant bisa saja dikelola sendiri seperti menggunakan sumur, atau sumur bor. Atau, bisa juga pihak perumahan menyerahkan pada pihak ketiga seperti PDAM dan sebagainya. Tentunya, air bersih yang dimaksud tidak hanya untuk mencuci, tapi juga untuk dikonsumsi oleh warga di perumahan tersebut.


Area Niaga


Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Perumahan juga biasanya mesti dilengkapi dengan area niaga atau area komersial. Di area tersebut, terdapat supermarket, atau toko yang menyediakan sejumlah kebutuhan masyarakat di perumahan tersebut. 


Tidak jarang, di area niaga tersebut juga tersedia apotek, klinik kesehatan, bahkan bank untuk memudahkan warga perumahan mendapatkan sejumlah kebutuhan mereka sehari-hari. Karena itu, untuk bahan pertimbangan, pastikan areal perumahan yang Anda pilih memiliki area niaga untuk kemudahan Anda sendiri.


Security


Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan

Ini juga menjadi bahan pertimbangan utama sebelum memilih perumahan. Perumahan yang baik mesti memiliki sistem keamanan yang baik agar siapapun yang tinggal di dalamnya bisa merasa lebih nyaman tinggal di sana.


Tidak hanya itu, petugas keamanan yang disiapkan pihak perumahan juga memiliki aturan yang ketat. Sehingga, keamanan di perumahan tersebut bisa terjamin. Perumahan juga mesti terlindungi dengan sistem satu pintu (gerbang utama), serta sejumlah kamera CCTV berkualitas tinggi untuk memberi perlindungan lebih bagi para warganya.


Fasilitas tambahan


Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Selanjutnya, fasilitas berikutnya merupakan fasilitas tambahan yang biasanya juga mesti ada di perumahan. Fasilitas tersebut bisa berupa taman kanak-kanak, tempat penitipan anak, area hiburan, permainan, dan sebagainya. Fasilitas ini membuat warga merasa nyaman berada di perumahan tersebut dan juga tidak bosan.


Rekomendasi perumahan dengan fasilitas lengkap harga terjangkau


Fasilitas yang Mesti Dimiliki oleh Perumahan


Salah satu perumahan berkualitas dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap ialah Mustika Village Sukamulya. Perumahan satu ini terletak di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17620 yang hanya berjarak 20 menit dari Stasiun KRL dan Terminal Bus AKAP Cikarang.


Untuk Anda yang sering berpergian, perumahan ini juga menawarkan fasilitas Go Shuttle yang akan segera dihadirkan, sehingga akses dari perumahan menjadi jauh lebih mudah. Ditambah lagi, perumahan ini berjarak sangat dekat dengan Pintu Tol Cibitung KM 24 dan Pintu Tol Cibitung-Cilincing yang akan segera beroperasi.


Hunian berkualitas hasil kerja sama  Mustika Land dan Creed Group asal Jepang ini memiliki ruang terbuka hijau seluas 3.300 meter persegi, serta danau resapan seluas 4.600 meter persegi. Dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti area niaga, gerbang utama, serta suplai air bersih yang menggunakan sistem Water Treatment Plant mandiri.


Hal yang menarik adalah, meski dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap serta kemudahan transportasi, namun perumahan ini tetap ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Perumahan ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp160 juta, yang tentunya sangat terjangkau bila dibandingkan dengan harga tanah dan bangunan hari ini. Perumahan ini juga dilengkapi dengan jalan utama selebar 14 meter, serta jalan lingkungan seluas 7 meter yang memudahkan Anda berkendara.

Ads