Pameran Printmaking Today: Seni Grafis Hari Ini -->
close
Pojok Seni
26 November 2021, 11/26/2021 10:30:00 AM WIB
Terbaru 2021-11-26T13:02:07Z
Media PatnerSeni

Pameran Printmaking Today: Seni Grafis Hari Ini

Advertisement
Pameran printmaking today

Oleh: Heru Hikayat


Pameran ini merupakan kerja sama Studio Seni Grafis Fakultas Seni Rupa & Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) School of Art, serta Selasar  Sunaryo Art Space. Pameran ini menampilkan karya-karya seni grafis dari para dosen dan mahasiswa kedua kampus tersebut yang menyajikan pengalaman mengeskplorasi berbagai teknik seni grafis. 


Seni, dalam hal ini, memang berpijak pada pengalaman akan Ragam teknik baik itu dalam koridor konvensi seni grafis maupun kemungkinan eksplorasi yang sifatnya melampaui atau menguji batas konvensi. Melalui pameran ini, kita diajak menengok tentang seni grafis hari-hari ini, yang dipraktikkan di Bandung maupun di Melbourne, diwakili oleh para dosen dan mahasiswa di kedua institusi tersebut. Berbagai teknik, cetak dalam, cetak tinggi, cetak datar, maupun eksplorasi melampaui teknik, didemonstrasikan. Selain pameran, akan disajikan pula tur pameran dengan pemandu, lokakarya/demonstrasi cetak, serta diskusi daring. 


Teknik, pengalaman menjalaninya, dan kemungkinan kemungkinan untuk melampauinya, kali ini tersaji dalam lingkup disiplin seni grafis. Jika praktik seperti ini dilakukan secara rutin dan konsisten maka, pengayaan pengalaman pun bisa terjadi bukan hanya bagi para perupa yang bereksplorasi, tapi juga bagi para pengamat. Semoga pengalaman unik ini bisa menjadi cara untuk mengalami seni dalam hubungannya dengan teknik, disiplin, serta kebebasan berekspresi. 


Pameran kelompok ini dikuratori oleh Heru Hikayat. Beberapa program yang akan dilakukan selama pameran berlangsung meliputi:


1. Sesi Tur Pameran Pertama 

bersama Kurator: Heru Hikayat

Tanggal : 27 November 2021

Waktu : 15.00 WIB


2. Diskusi Pameran Internasional 

bersama narasumber :    

  • Aminuddin TH Siregar (FSRD ITB)
  • Tisna Sanjaya (FSRD ITB)
  • Richard  Harding (RMIT Australia)
  • Heru Hikayat (Selasar Sunaryo Art Space)


Tanggal : 11 November 2021

Waktu : 13.00 – 17.00 WIB


3. Demontrasi Cetak Intaglio

bersama Tisna Sanjaya

Tanggal : 4 Desember 2021

Waktu : 13.00 – 16.00 WIB


4. Sesi Tur Pameran Kedua

bersama Heru Hikayat

Tanggal : 18 Desember 2021

Waktu : 15.00 WIB


Besar harapan kami, rekan -rekan media dapat hadir pada salah satu maupun keseluruhan program,  semua program ini akan dijalankan dengan penerapan  protokol kesehatan. Silahkan menghubungi narahubung untuk mengagendakan kunjungan. Terima kasih kami ucapkan atas perhatian serta waktunya, Salam Budaya. 

Ads