Efektif Turunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Buah-buahan Ini -->
close
Pojok Seni
08 September 2021, 9/08/2021 07:13:00 PM WIB
Terbaru 2021-09-10T07:01:22Z
Artikel Sponsor

Efektif Turunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Buah-buahan Ini

Advertisement
Buah yang menurunkan kolesterol
Buah yang menurunkan kolesterol

Kolesterol seringkali tidak dikendalikan, pada akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan. Hal itu disebabkan pula karena pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sangat baik untuk memulai makan makanan yang bisa mengendalikan kolesterol. Dalam artikel kali ini akan dibahas sejumlah pilihan buah baik untuk turunkan kolesterol.


Pertanyaan berikutnya, kenapa harus buah? Lalu, bagaimana cara buah bisa mengendalikan bahkan menurunkan kolesterol? 


Maka, kita akan memulai dulu kenapa kolesterol bisa mengakibatkan serangan jantung, hingga stroke yang bisa berujung pada kematian. Penyebabnya adalah, plak lemak yang menumpuk di dinding pembuluh darah disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Berikutnya, plak lemak ini akan menjadikan pembuluh darah menjadi lebih sempit, yang akibatnya darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Inilah cikal bakal terjadinya serangan jantung, stroke, dan sebagainya.


Buah-buahan, mengandung serat yang sangat mudah larut dalam air. Serat di dalam air itu mengikat asam empedu, dan akan berdampak langsung pada penyerapan lemak dan kolesterol di dalam darah. Karena itulah, serat tersebut sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dalam darah.


Sedangkan kolesterol baik, seperti HDL akan menjadi lebih baik bekerja, dan meningkat jumlahnya. Hal itu dikarenakan sejumlah senyawa kimia dan mineral dalam buah-buahan yang bereaksi pada peningkatan kadar kolesterol baik. Selanjutnya, Anda akan terus mengurasi risiko terkena serangan jantung.


Lantas, buah-buahan apa yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol? 


Buah-buahan yang efektif menurunkan kolesterol


Buah yang menurunkan kolesterol


1. Apel


Bila Anda mencari rekomendasi buah-buahan yang paling efektif menurunkan kolesterol, maka di posisi pertama Anda akan lebih sering menemukan apel. Penyebabnya adalah, apel mengandung pektin, salah satu jenis serat larut air. Pektin ini terbukti secara klinis bisa menurunkan 10% kadar kolesterol dalam tubuh.


Tidak hanya itu, karena banyak mengandung serat dan air, maka apel akan mengenyangkan ketika dikonsumsi. Jadinya, apel menjadi pilihan bagi Anda yang ingin diet dan menurunkan berat badan.


2. Alpukat


Salah satu penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal membuktikan bahwa buah alpukat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol, sekaligus menstabilkan kadar gula darah. Bahkan, dengan mengonsumsi satu buah alpukat secara rutin per hari akan menjadikan proses penurunan kolesterol semakin besar.


Tidak hanya itu, kandungan antioksidan, gluthaione, dan senyawa lainnya di dalam alpukat akan membuat Anda lebih kecil terkena serangan jantung, dan penyakit kanker.


3. Anggur


Buah satu ini memang dikenal mengandung serat larut air yang sangat tinggi. Bahkan, anggur bisa mengikat kolesterol yang berada di usus, hingga usus halus. Kandungan antioksidannya juga sangat tinggi.


Dengan rutin mengonsumsi anggur, maka Anda mampu meningkatkan kolesterol yang baik (HDL) namun bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar gula dalam darah.


4. Pepaya


Buah satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, sekaligus efektif. Kandungan likopen, vitamin C, vitamin E, dan sebagainya mampu menyatu dengan enzim paraxonase di dalam tubuh. Enzim ini yang akan menghambat oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah. Maka, plak yang terjadi karena kolesterol dan berdampak pada penyumbatan pembuluh darah bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi pepaya.


5. Jambu biji


Ini satu lagi pilihan buah yang tepat untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya mengurangi kolesterol jahat, tapi juga mampu melindungi jantung agar lebih kuat menghadapi radikal bebas. Hal itu disebabkan tingginya vitamin dan antioksidan di dalam jambu biji.


Sejumlah penelitian membuktikan bahwa makan 400 gram jambu biji per hari bisa berdampak pada meningkatnya kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, namun mengurangi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.


6. Jeruk


Buah asam satu ini mengandung banyak serat larut air yang bisa mengikat kolesterol. Hal itu menjadikan kolesterol bisa dikurangi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan d-limonene yang biasa berada dalam buah-buahan jenis sitrus juga sangat baik melarutkan kolesterol dan menghambat kanker.


Vitamin C yang sangat tinggi di dalam jeruk menjadikan penumpukan kolesterol jahat bisa dihindari. Tidak hanya itu, Anda juga terhindar dari penyakit tertentu, seperti penyakit kardiovaskular.


Itu tadi pilihan 6 buah lokal yang bisa dan sangat efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Rutin mengonsumsinya per hari tentunya akan membuat Anda jauh lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan kolesterol jahat.


Selain itu, agar jantung tetap terjaga kesehatannya, sebaiknya minum susu sebelum tidur, tentunya susu yang rendah kolesterol dan baik untuk memelihara jantung.

Ads