Rata-rata Penulis Novel Dunia Menulis Buku Selama 6 Bulan, Ini Tips Agar Bisa Menyelesaikan Buku dengan Cepat -->
close
Pojok Seni
05 August 2021, 8/05/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-08-05T00:00:00Z
Opini

Rata-rata Penulis Novel Dunia Menulis Buku Selama 6 Bulan, Ini Tips Agar Bisa Menyelesaikan Buku dengan Cepat

Advertisement
Tips Agar Bisa Menyelesaikan Buku dengan Cepat


PojokSeni.com - Berapa waktu yang dihabiskan seorang penulis novel untuk menyelesaikan bukunya? Ada penulis yang menghabiskan waktu bertahun-tahun, ada juga yang menghabiskan waktu 4 bulan. Namun, rata-rata penulis novel dunia menghabiskan waktu 4 - 8 bulan menulis satu buku dari awal hingga selesai.


Rata-rata waktu yang digunakan oleh penulis novel di dunia adalah sekitar 180 hari, alias 6 bulan. Apakah Anda mampu menyelesaikan satu buku Anda dalam waktu rata-rata penulis dunia itu?


Sebenarnya, buku yang bagus atau berkualitas tentunya tidak berkaitan dengan berapa lama buku tersebut dibuat atau diproduksi. Ada buku bagus yang ternyata dibuat hanya dalam waktu 4-5 bulan saja. Tapi, ada buku yang kurang berkualitas, namun dibuat dalam waktu yang lama. Ternyata, lebih banyak dipendapkan di dalam komputer ketimbang diketik.


Tentunya, ada banyak hal yang memengaruhi waktu penulis buku tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Genre buku


Penulis novel misteri seperti Sir Arthur Conan Doyle, Agatha Christie dan sebagainya ternyata menghabiskan waktu yang lebih lama ketimbang penulis novel romance. Hal itu dikarenakan mereka membutuhkan riset, ujicoba dan eksperimen, serta hal-hal lainnya sebelum menulis bukunya. Mereka juga banyak membaca koran, mengikuti perkembangan kasus, menyaksikan dari dekat para penyidik menyelesaikan kasus, memelajari terkait cara menyelesaikan kasus, menganalisis barang bukti, dan sebagainya.


Penulis novel sejarah juga menghabiskan waktu lebih banyak karena menyediakan lebih banyak waktunya untuk riset, penelitian, dan pengkajian sejarah. Jadinya, genre buku yang ditulis akan memengaruhi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan buku.


2. Kecepatan mengetik


Nah, ini jelas berpengaruh dalam penyelesaian buku. Tentunya, penulis yang memilih kecepatan mengetik yang lebih cepat, akan menyelesaikan bukunya lebih cepat ketimbang yang lebih lambat mengetik bukan?


Meskipun hal tersebut juga dipengaruhi berapa tebal bukunya. Buku yang tebal yang ditulis oleh penulis dengan kecepatan mengetik yang tinggi, bisa jadi lebih lama ketimbang buku tipis yang ditulis oleh penulis dengan kecepatan mengetik yang sedang, bukan?


3. Penjadwalan dan disiplin


Ketika pertama mendapatkan ide atau premis dari buku tersebut, maka penulis akan menyusun jadwal (schedule) dari sesi menulis. Misalnya, dari premis yang didapat, kemudian dilakukan riset, pencarian buku untuk menunjang, dan sebagainya dijadwalkan selama satu bulan penuh.


Setelah mendapatkan semua data yang diinginkan, cerita tersebut kemudian dibagi dalam 12 bab. Satu bab dijadwalkan diselesaikan dalam 15 hari, dan 12 bab tersebut akan diselesaikan dalam waktu 6 bulan. Dengan penjadwalan tersebut, tergantung lagi penulisnya disiplin atau tidak mengerjakan jadwal yang sudah dipatok sendiri.


4. Editing, revisi, dan desain


Kemudian, berapa lama yang digunakan untuk mendesain cover, melakukan revisi, editing dan sebagainya. Kadang, untuk desain cover diserahkan pada desainer, pelukis, dan sebagainya yang diberi waktu sekitar 6 bulan juga. Jadi, ketika penulis mulai mengerjakan bukunya, maka desainer akan mulai menciptakan desain covernya. Maka dalam waktu yang bersamaan, buku dan covernya akan selesai.


Selanjutnya, ketika sampai ke tangan editor, berapa kali revisi naskah karya tersebut? Lalu, berapa lama yang akan dihabiskan untuk editing? Hal-hal tersebut akan berpengaruh pada berapa lama buku tersebut akan selesai nantinya.


Tips menyelesaikan buku tepat waktu


Untuk menyelesaikan buku dalam waktu yang sudah ditentukan, tentunya diperlukan kepatuhan terhadap jadwal yang sudah Anda tentukan sendiri. Bagi setiap penulisan dalam sesi. Misalnya, satu buku itu biasanya terdiri dari 50 ribu kata.


Maka, buat satu sesi untuk 1000 kata setiap penulisan. Maka, Anda hanya perlu membagi 50 kali sesi untuk menyelesaikan buku Anda. Nah, 50 sesi itu yang kemudian Anda bagikan dalam waktu 5 bulan, dengan tambahan 1 bulan untuk riset bahan tulisan. Dengan kata lain, dalam satu bulan hanya ada 10 sesi, dan itu bisa Anda bagi di 30 hari, dengan memilih hari libur untuk "kerja" Anda.


Atau, bisa lebih sedikit. Misalnya, Anda memilih satu sesi adalah 500 kata alias hanya dua lembar di Ms Word dengan besar huruf 12. Kemudian, Anda membutuhkan 100 sesi penulisan yang dibagi dalam waktu 5 bulan. Berarti setiap satu bulan, Anda hanya perlu menyelesaikan 20 sesi. Dengan demikian, Anda bahkan bisa mendapatkan liburan 10 hari per bulan.


Jadi, bagaimana? Sudah siap menyelesaikan buku Anda dengan cepat dan tepat waktu? 

Ads