Perbedaan Jenis Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah -->

Ads

Pojok Seni
21 December 2020, 12/21/2020 12:30:00 AM WIB
Terbaru 2020-12-20T17:30:03Z
Artikel

Perbedaan Jenis Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Advertisement
Ilustrasi taman di rumah (sumber foto: https://daisan.co.id)

Selama masa pandemi, orang-orang memiliki banyak waktu luang untuk mengurangi kebosanan selama bekerja dan beraktivitas dari rumah. Salah satunya adalah merawat tanaman, atau menata taman di depan rumah mereka.


Berbagai jenis tanaman memang bisa dirawat dengan mudah, baik di dalam maupun di luar rumah, semua pasti ada pilihan, tergantung mereka yang hendak menanamnya. Biasanya, tanaman yang dipilih adalah tanaman yang memiliki daun cantik, warna yang terang, atau sekedar memenuhi nilai untuk menjadi dekorasi pendukung di dalam rumah. Ternyata walau memiliki daun cantik, warna indah, wangi yang mempesona, beberapa tanaman tidak sebaiknya diletakan di dalam rumah.


Beda Jenis Tanaman, Beda Perawatan, Beda Pula Manfaatnya


Setiap tanaman hias memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda, diharapkan dengan mengetahui jenisnya, mereka yang berencana untuk melakukan dekorasi ruang dengan memanfaatkan tanaman hias bisa memaksimalkan manfaat yang dimiliki oleh tiap tanaman hias.


Berikut adalah beda jenis tanaman yang sebaiknya kalian ketahui sebelum menetapkan tanaman itu untuk menghiasi area di rumah kalian.


1. Tanaman hias berbunga


Tanaman hias dengan bunga biasanya disukai oleh banyak orang, selain karena warnanya yang indah, tanaman hias berbunga bisa memberikan wangi yang khas. Sebut saja seperti sedap malam, mawar, atau melati. Tanaman jenis ini biasanya ditanam di luar ruangan langsung di tanah untuk menghiasi area taman atau menggunakan pot sebagai tempatnya di lokasi-lokasi vertical garden.


Saat Anda memilih meletakan tanaman hias berbunga, yang wajib Anda ketahui adalah tentang bagaimana menjaga agar bunga tetap segar selama berada di dalam rumah. Mengingat tanaman ini butuh cahaya matahari untuk tetap menjaga warnanya keluar dengan indah.


2. Tanaman hias daun


Jenis tanaman hias selanjutnya adalah tanaman hias dengan daun yang menjadi ciri khas, karena mampu memberikan keindahan dari bentuk daun. Tanaman jenis ini biasanya akan lebih tahan lama dan tidak mudah layu atau rontok seperti tanaman hias bunga. Karena mudah mendapatkan atau memproduksi makanannya untuk hidup. Contoh tanaman hias yang sering diletakan dalam rumah antara lain anthurium, kuping gajah, aglonema, palem kuning dan lain sebagainya.


3. Tanaman Hias Pohon


Tanaman hias pohon adalah tanaman hias yang menonjolkan batang sebagai keindahannya. Walau esensinya tanaman yang diletakan adalah tanaman yang tidak terlalu besar, namun banyak pengrajin tanaman dan seniman yang mengubah tanaman besar untuk menjadi tanaman hias.


Mungkin kita mengenalnya dengan istilah bonsai. Tanaman berbatang besar kemudian dikreasikan untuk menjadi tanaman hias berukuran kecil, yang kemudian bisa disimpan dalam rumah.


4. Tanaman Hias Berbuah


Buah di sini bukan untuk dimakan, lebih kepada pemanfaatan bentuk buah yang keluar dari tanaman tersebut untuk dijadikan elemen cantik dalam area taman kita. Contohnya adalah cabai pelangi, yang memiliki bentuk dan warna yang menarik untuk dipandang. Tanaman ini sering diletakkan di luar rumah untuk menghiasi taman, selanjutnya ada Nagami atau citrus margarita. Dengan warna orange yang mencolok, memberikan variasi keindahan taman kita yang berwarna hijau.


Nah demikian perbedaan tanaman hias yang perlu kita ketahui sebelum memilih hendak meletakan di dalam atau di luar rumah. Penting untuk mengetahui hal ini, mengingat perawatan tanaman hias menjadi salah satu pertimbangan kenapa kita memilih tanaman tersebut untuk menghiasi area taman kita yang cantik.