5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Rumah Dijual di Jogja -->
close
Pojok Seni
05 April 2020, 4/05/2020 01:30:00 PM WIB
Terbaru 2020-04-08T06:52:57Z
Artikel Sponsor

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Rumah Dijual di Jogja

Advertisement
Ilustrasi Jogjakarta (sumber: Wikipedia)
PojokSeni.com - Siapa sih yang enggak pengin beli rumah dijual di Jogja? Sebagai kota bertitel ‘Daerah Istimewa,’ Jogja atau Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

Selain itu, sektor properti Jogja juga dianggap cukup menguntungkan dari segi investasi. Bagaimana tidak, masifnya pembangunan infrastruktur di sana membuat harga properti meningkat setiap tahunnya.

Ditambah lagi, fasilitas umum yang ada di daerah tersebut juga sangat lengkap, mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga bisnis dan pertokoan semua tersedia.
Maka dari itu, tak salah jika banyak orang tertarik untuk beli rumah dijual di Jogja. Lantas, apakah kamu memiliki keinginan yang sama? Jika iya, perhatikan beberapa hal ini dulu sebelum kamu melakukannya.

5 Tips Membeli Rumah Dijual di Jogja


Membeli rumah memang bukan perkara mudah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita melakukan hal tersebut, termasuk ketika membeli rumah dijual di Jogja.

Pasalnya, setiap daerah tentu memiliki karakteristik jual-beli propertinya masing-masing. Agar tidak salah ketika membeli rumah di Yogyakarta, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Cari Tahu Harga Pasaran Rumah Dijual di Jogja Saat Ini


Mencari tahu harga pasaran rumah dijual di Jogja adalah hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum membelinya, supaya kamu tidak tertipu dengan penjual yang menaikkan harga terlalu tinggi.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga hunian tapak di Yogyakarta meningkat setiap tahunnya.

Menurut data pada kuartal II tahun 2017 saja, harga rumah di bawah Rp 600 juta di Yogyakarta telah mencapai Rp4,23 juta per meter persegi, atau meningkat sebesar 2,11 persen dari kuartal I tahun 2017.

Tren tersebut bahkan tak pernah turun sampai dengan saat ini. Penyebabnya, tak lain karena banyaknya pembangunan infrastruktur yang terjadi di kawasan DI Yogyakarta, contohnya bandara baru Kulon Progo.

Meski begitu, kenaikan harga rumah dijual di Jogja ini tak selamanya berdampak buruk bagi masyarakat. Sebaliknya, hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin melalukan investasi properti di Jogja.

2. Pastikan Kredibilitas Pengembang Perumahan


Bagi kamu yang ingin beli rumah dijual di Jogja dalam kondisi baru, memastikan kredibilitas developer adalah hal yang penting, mengingat banyak sekali kasus penipuan properti yang tejadi di kota tersebut.

Bahkan, tak jarang para korban perumahan fiktif ini juga menderita kerugian materi yang cukup besar akibat aksi pengembang nakal. Lantas, bagaimana cara mengecek kredibilitas suatu pengembang?

Pertama, kamu bisa memilih perumahan yang dibangun oleh developer ternama. Jika nama perusahaan tak pernah kamu dengar, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu melalui internet.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui laman resmi Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI). Jika pengembang tersebut kredibel, pasti ia terdaftar sebagai anggota di laman REI.

3. Cek Kelengkapan dan Legalitas Dokumen Rumah

Legalitas tanah/rumah (sumber Pixabay)
Tentu saja, sebelum memutuskan membeli sebuah rumah dijual di Jogja, pastikan kamu telah mengecek kelengkapan dokumen atau surat-menyurat rumah tersebut, seperti sertifikat rumah, pajak, dan lain-lain.

Sertifikat rumah adalah dokumen yang sangat penting, dari sini kita bisa melihat siapa pemilik sah dari rumah tersebut. Terlebih, kamu tentu enggak mau dong, membeli rumah yang sedang dalam sengketa.

Oleh sebab itu, kelengkapan dokumen rumah sangat dibutuhkan apabila kamu membeli sebuah hunian.

Bagaimana dengan rumah yang belum jadi alias pre-order? Pastikan pengembang perumahan memiliki surat izin pembangunan perumahan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Jika tidak dilampirkan, ada baiknya kamu mengurungkan niat membeli rumah dijual di Jogja tersebut ya.

4. Teliti Memilih Lokasi Rumah yang Strategis


Lokasi rumah strategis artinya rumah tersebut dikelilingi berbagai fasilitas umum yang memadai, akses yang mudah, serta lingkungan yang aman. Ditambah lagi, harga jual rumah tersebut terus meningkat.

Hal ini penting, apalagi bagi kamu yang ingin beli rumah dijual di Jogja sebagai instrumen investasi properti. Peningkatan harga jual kembali (capital gain) yang besar tentu akan menambah keuntunganmu.

Terdapat beberapa lokasi strategis di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan hunian, misalnya di kawasan daerah Universitas Gajah Mada atau daerah di sekitar Bandara Internasional Kulon Progo.

5. Beli Rumah Dijual di Jogja melalui Laman Properti Terpercaya


Sekarang udah enggak zamannya beli rumah dari hasil blusukan. Selain dapat menguras waktu dan tenaga, cara konvensional tersebut juga tidak efektif untuk menemukan rumah impianmu.
Dewasa ini, ada banyak sekali laman properti yang bisa membantu kita dalam menemukan hunian, salah satunya adalah laman properti terbesar dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia.

Sebagai laman properti terbesar 99.co Indonesia memiliki ratusan ribu listing properti yang dikategorikan sesuai wilayah, jenis, ukuran, fasilitas, harga, sertifikasi, dan masih banyak lagi.

Itu sebabnya, dengan fitur pencarian pintar yang dimiliki oleh situs tersebut kamu bisa menemukan rumah dijual di Jogja sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Tertarik untuk mencoba laman 99.co Indonesia?

Segera kunjungi laman tersebut dan temukan rumah impianmu ya, selamat mencoba!

Ads