20 March 2020

author photo

Baca Juga

Ilustrasi Pillow Block Bearing dan bagian-bagiannya
Beberapa waktu belakangan ini industri otomotif mempopulerkan jenis bearing bernama pillow block bearing. Jenis bearing ini populer dan cukup diperhitungkan dalam dunia otomotif karena desainnya yang memberikan kemudahan saat memasang dan menawarkan kinerja yang maksimal dengan daya tahan yang sangat tinggi.

Bearing yang memiliki bantalan ini dikenal juga dengan nama blok plummer namun pada kenyataannya keduanya memiliki perbedaan masing-masing. Di lingkungan industri umumnya menggunakan pillow block bearings sedangkan di lingkungan non industri lebih sering menggunakan blok plummer.

Bantalan yang terdapat pada pillow block bearing dibuat dengan baja atau besi tuang sehingga memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat baik. Bantalan ini kemudian digunakan untuk mendukung poros gerak putar. Bantalan ini menjalankan fungsi yang efektif untuk menjaga cincin luar agar tidak memberikan gerak ke cincin dalam.

Hal yang menakjubkan yang ditawarkan oleh pillow block bearings adalah kemudahannya dalam memasang part ini ke dalam komponen kendaraan. Karena tidak dibutuhkan keterampilan khusus untuk memasangnya. Dengan desain yang sangat baik sehingga orang awam pun dapat memasang perangkat ini dengan baik tanpa ada masalah.

Variasi Pillow Block Bearings


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bahwa terdapat dua variasi pillow bearing yaitu Pillow Block Bearings dan Blok Plummer yang umumnya digunakan dalam pertambangan, manufaktur dan berbagai jenis konstruksi alat berat.

Selain itu ada jenis lainnya yaitu Split Bearings, sebuah inovasi bearings yang memungkinkan poros untuk membelah jika ingin melakukan penggantian.

Bahan Penyusun Pillow Block Bearings


Pada umumnya, pillow block bearings terbuat dari aluminium dengan daya muatan yang tinggi dan bersifat menghantarkan panas. Selain itu terdapat pula jenis bearings yang terbuat dari baja tekan untuk jenis bearing yang digunakan untuk beban rendah namun berkinerja tinggi dan presisi. Selain itu bahan stainless yang digunakan agar tidak mudah berkarat

Pillow Block Bearing

Jenis Bantalan


Ada beberapa jenis bantalan yang biasa digunakan tergantung kebutuhannya, yaitu :

Bantalan biasa adalah bantalan yang banyak dipakai untuk gerakan liner yang tanpa gesekan dan kinerja yang tinggi. Jenis ini biasanya terbuat dari perunggu, logam atau plastik yang memenuhi kualitas. Bantalan logam memerlukan pelumasan yang tepat agar mampu bekerja dengan efisien begitupun bantalan perunggu.

Bantalan rol adalah pilihan yang cocok untuk gerakan putar karena memakai silinder atau rol antara cincin di bagian dalam dan di bagian luar. Roller bearings sendiri mempunya beberapa jenis sesuai spesifikasi, struktur dan fungsinya yang berbeda-beda.

Bantalan bola menawarkan daya dukung beban yang tinggi dan kinerja tinggi karena gerakan dari bola-bola antara cincin bagian dalam dan luar. Bola-bola tersebut dipisahkan dengan tulang rusuk yang juga mengatur agar bola-bola berada di posisi yang benar.

Needle roller bearings adalah jenis yang mirip dengan bantalan rol namun menggunakan silinder dengan ukuran yang lebih kecil. Karena itu disebut dengan needle roller bearings.

Itulah sekelumit penjelasan tentang pillow block bearing untuk Anda ketahui. Jika Anda ingin pillow block bearing yang berkualitas adalah dengan membelinya di toko yang terpercaya dan menawarkan jaminan kualitas. Sebagai distributor resmi dari Bolton Lubricants, Logam Makmur dapat menjadi tempat membeli pillow block bearing yang bisa Anda andalkan.

Selain pillow block bearing, Logam Makmur juga menyediakan berbagai jenis spare part lainnya yang berkualitas unggul dan original. Bagi pecinta otomotif dan industri, silahkan kunjungi toko onlinenya untuk mendapatkan produk yang berkualitas tinggi.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...