12 March 2020

author photo

Baca Juga

Kegiatan Bincang Kita oleh HMJ Fotografi Padangpanjang

pojokseni.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fotografi adalah organisasi mahasiswa dibawah Program Studi Fotografi, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. HMJ Fotografi berfungsi seabagai wadah bagi mahasiswa Fotografi dalam menyalurkan aspirasi dalam berkesenian, membentuk kepribadian mahasiswa Fotografi yang jujur, cerdas, berapresiasi dan tangguh dalam bidang fotografi.

Sejak berdiri pada tahun 2013, HMJ Fotografi mengalami banyak lika-liku dalam ranah fotografi baik dalam regional maupun nasional. Berbagai macam gaya dan keragaman proses dalam berkarya hadir pada diri setiap mahasiswa Fotografi. Ini tentu merupakan tanda-tanda baik bagi perkembangan HMJ Fotografi.

Menyadari hal tersebut, HMJ Fotografi membentuk sebuah ruang diskusi yang bernama Bincang Kita dengan beberapa bentuk kegiatan seperti Slideshow karya, Sharing Session, dan Creative Class.

Tentang Bincang Kita


Bincang Kita merupakan sebuah ruang diskusi dibawah naungan HMJ Fotografi ISI Padangpanjang. Berangkat dari sebuah kesadaran tentang rendahnya minat diskusi oleh kalangan mahasiswa fotografi, Bincang Kita hadir sebagai ruang tempat berlangsungnya diskusi tentang sekelumit persoalan fotografi. Bincang Kita diinisiasi oleh dua orang mahasiswa Fotografi, Arif Rahman AS (mantan ketua HMJ Fotografi) dan M. Iqbal (ketua HMJ Fotografi saat ini).

Adapun bentuk kegiatan yang dihadirkan Bincang Kita adalah Slideshow karya, Sharing Session, dan Creative Class. Kegiatan Bincang Kita tersebut dilangsungkan per dua minggu pada hari kamis sore. Kegiatan yang pertama kali diadakan oleh Bincang Kita yaitu Slideshow pada tanggal 28 November 2019, sekaligus menjadi hari jadi Bincang Kita. Berikut adalah kegiata-kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Bincang Kita:

- Slideshow karya


Slideshow karya merupakan sebuah kegiatan dimana para pembicara akan menceritakan karya-karya dan project foto yang telah mereka hasilkan.

“Cerita Panggung”

Kegiatan Slideshow yang bertajuk “Cerita Panggung” menghadirkan dua orang mahasiswa Fotografi yang bergelut di bidang Stage Photography sebagai pembicara, yaitu Richardvans dan M. Nizam Evandra. Mereka berdua menceritakan karya-karya foto mereka dan membagi pengalaman serta etika-etika dalam memotret pertunjukan. Ricard dan Nizam juga tergabung dalam komunitas Stage Hunter. Slideshow “Cerita Panggung” dilangsungkan pada tanggal 28 November 2019 yang bertempat di lantai 2 gedung UKM ISI Padangpanjang, sekaligus menjadi kegiatan pertama dari Bincang Kita.

“Tugas Akhir”

Kegiatan Slideshow yang bertajuk “Tugas Akhir” menghadirkan dua orang mahasiswa Fotografi yang baru saja mengadakan pameran tugas akhir mereka, yaitu Akhsanul Mufti dan Dany Aulia R.D. Mereka berdua menceritakan project foto tugas akhir mereka lengkap mulai dari ide hingga pelaksanaan pameran mereka. Pameran tugas akhir merupakan sebuah proses yang akan dilalui mahasiswa Fotografi minat Penciptaan Seni. Karya-karya yang telah mahasiswa ciptakan akan dipamerkan sekaligus menjadi penilaian bagi mereka.

Akhsanul menggarap project foto tugas akhir yang berjudul Ulu Ambek, sebuah kesenian tradisional Kabupaten Padangpariaman ke dalam Fotografi Dokumenter. Sedangkan Dany menggarap project foto tugas akhir yang berjudul Umbuik, sebuah potret tentang penderita Albino ke dalam Fotografi Portrait. Slideshow “Tugas Akhir” dilangsungkan pada tanggal 11 Januari 2020 yang bertempat di Bakedai Coffee & Rostery House.


- Sharing Session


Sharing Session merupakan sebuah kegiatan sharing, bertukar fikiran, dan diskusi santai tentang wacana fotografi, proses berfotografi, serta segala hal yang menyangkut fotografi maupun non fotografi.

“Ruang Apresiasi”

Kegiatan Sharing Session yang bertajuk “Ruang Apresiasi” dipimpin oleh beberapa orang mahasiswa Fotografi yang baru saja berpartisipasi dalam kegiatan pameran Solo Photo Festival yang diselenggarakan oleh HMJ Fotografi ISI Surakarta. Berkegiatan atau berproses dalam dunia fotografi tidak luput dari kata ‘Pameran’, salah satu output dan tujuan dari tiap-tiap mahasiswa Fotografi. Pada tahap proses tersebut, mahasiswa Fotografi yang aktif akan berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan pameran di dalam maupun luar kampus. Sharing Session “Ruang Apresiasi” telah dilangsungkan pada tanggal 12 Desember 2019 yang bertempat di lantai 2 gedung UKM ISI Padangpanjang.

- Creative Class


Creative Class merupakan sebuah kegiatan berupa kelas santai seperti seminar dan workshop yang mengundang pemateri khusus berkaitan dengan hal yang akan dibagi atau disampaikan.

“Fotografi Analog”

Kegiatan Creative Class yang bertajuk “Fotografi Analog” dengan mengundang pemateri yang bergelut dalam dunia fotografi analog, yakni Rianda Fastino (pendri Bukittinggi Vintage). Tepat dua tahun setelah proyek cemerlang Daguerre, fotografer Jurrian Munich tiba di dekat Museum sekarang. Dia tiba dengan kamera gaya Daguerre dan mencatat sejarah fotografi Hindia Belanda atau sekarang bernama Indonesia.

Belakangan, kamera yang berfungsi sebagai peranti cahaya berkembang kian pesat. Penggunaan film sebagai alat peranti perekam cahaya berubah menjadi sensor digital. Dimana hasil foto bisa dilihat langsung setelah memotret. Citraan yang dihasilkan pun makin sempurna. Rianda mengajak para peserta Creative Class untuk mengenal kemabali fotografi sebelum era digital seperti sekarang. Dimana peranti kamera masih menggunakan film sebagai alat perekam cahaya.

Pada kegiatan tersebut Rianda juga memperlihatkan karya fotografi analognya, memperkenalkan jenis-jenis kamera analog, dan jenis-jenis film analog kepada mahasiswa Fotografi.

Bincang Kita diharapakan bisa menumbuhkan pikiran-pikiran kritis terhadap segala sesuatu di bidang fotografi maupun non fotografi yang terjadi saat ini, serta menumbuhkan budaya diskusi di kalangan mahasiswa.

your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...