27 November 2019

author photo
Ilustrasi Koran Bekas

pojokseni.com - Bila Anda berlangganan surat kabar harian, maka biasanya dalam beberapa bulan, akan ada tumpukan koran bekas di rumah Anda. Beberapa orang akan memilih untuk membuangnya, ada juga yang dibakar. Namun, beberapa lain yang berjiwa seni, akan membuat koran bekas tersebut menjadi lebih bernilai guna.

Koran bekas bisa dengan mudah ditemukan, bahkan Anda bisa membelinya per kilo. Harganya juga sangat murah, hanya sekitar Rp5.000 - 10.000 per kilogram. Jadi, bila Anda ingin membuat kerajinan tangan dari bahan koran bekas, tidak perlu pusing mencari bahan dasarnya.

Apa saja yang bisa Anda buat dari koran bekas? Ada banyak tentunya, bisa jam dinding, pot bunga, tempat tisu, dan barang-barang lainnya. Berikut, PojokSeni akan membagikan ide kerajinan tangan dari bahan koran bekas.

Jam Dinding dari Koran Bekas


Pertama, siapkan bahan.


Bahan yang diperlukan juga sederhana, antara lain lem, tali, dan cat. Tentunya, Anda memerlukan koran bekas untuk menjadi bahan utama.

Kedua, buat stik koran.


Stik ini dibuat dengan cara menggulung koran hingga kecil dan diberi lem agar tidak lepas lagi. Buatlah stik-stik dalam jumlah banyak.

Ketiga, buat gulungan.


Potong salah satu stik koran kemudian digulung menjadi lingkaran yang padat. Tetap sisipkan lubang di tengah lingkaran tersebut untuk tempat memasang jarum dan mesin. Jangan lupa berikan lem agar merekat. Kemudian, ambil stik lagi yang lebih panjang untuk dibuat menjadi lingkaran berikutnya di luar lingkaran pertama tadi. Lakukan berulang hingga jadi sebuah lingkaran besar.

Keempat, pasang jarum dan mesinnya.


Jarum dan mesin jam tentu sudah disiapkan sebelumnya. Anda bisa membelinya di toko onderdil jam terdekat. Sebelum jarum dan mesin dipasang, Anda bisa mengecat terlebih dulu lingkaran yang dibuat dari koran tadi untuk menjadikannya lebih indah.

Nah, jam dinding dari koran bekas sudah jadi. Apabila pembuatannya benar-benar menjaga kualitas dan estetika, tentunya jam dinding ini bisa memiliki nilai jual yang tinggi, loh.

Bingkai Foto dari Koran Bekas


Selanjutnya, stik-stik koran tadi juga bisa dibuat menjadi barang lain, yakni bingkai foto. Cara membuatnya, tentunya dengan menyiapkan terlebih dulu stik-stik koran seperti yang dipersiapkan untuk membuat jam dinding.

Kemudian, tempelkan satu stik ke stik lainnya sampai membentuk segi empat, atau persegi panjang. Gunakan cutter untuk memotong bagian tengahnya, tentunya Anda bisa memilih bentuk persegi (seperti bingkai foto konvensional) atau bisa juga memilih bentuk lain seperti heart, lingkaran dan sebagainya.

Nah, dua ide di atas bisa menjadi produk yang bernilai tinggi di pasaran, loh. Tertarik untuk membuatnya dan membuka lapangan pekerjaan baru di lingkungan Anda? Tidak hanya itu, Anda juga membantu mendaur ulang barang bekas hingga memiliki nilai jual. (ai/pojokseni)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement