Walkman : Karya Pesimis Berbuah Manis -->
close
Pojok Seni
24 September 2019, 9/24/2019 10:53:00 PM WIB
Terbaru 2019-09-24T15:53:00Z
MusikSejarah

Walkman : Karya Pesimis Berbuah Manis

Advertisement

Perangkat Walkman dari Sony
Pada 1979, perangkat baru selamanya mengubah cara kami mendengarkan musik
pojokseni.com - Pada tahun 1979, ketika Sony memperkenalkan Walkman — pemutar kaset dengan berat sekitar 14 ons, biru dan perak — bahkan para insinyur di dalam Sony tidak terkesan. Itu tidak terlalu inovatif, karena pemutar kaset sudah ada, begitu juga headphone. Ditambah lagi, Walkman hanya bisa diputar ulang, tidak bisa digunakan untuk merekam. Siapa yang mau perangkat seperti itu?
Apa daya pikatnya? Suara yang indah dan mengisi kepala dapat Anda bawa kemanapun. Sebelumnya, jika Anda ingin mendengar musik hi-fi di headphone, Anda harus pulang dan mengaktifkan speaker stereo di rumah. Walkman tidak membuat anda bergantung pada speaker rumah. Sekarang Anda bisa berjalan di jalan, dan musik mengubah pengalaman memandang dunia. Segalanya — arus lalu lintas yang padat, arus salju yang melayang, orang-orang yang lewat di trotoar — tampak sarat dengan makna baru.

Orang mendengarkan musik dengan perangkat Walkman

"Kehidupan menjadi film," seperti yang dicatat oleh Andreas Pavel, seorang penemu yang mematenkan prototipe miliknya sendiri-Walkman, bertahun-tahun sebelum Sony, pernah mencatat. "Itu membuatmu termotivasi. Ini benar-benar membuat keajaiban dalam hidup Anda. "Atau seperti yang dijelaskan oleh seorang pemakai Walkman berusia 16 tahun dalam akun sejarawan Heike Weber," Entah bagaimana, Saya memiliki dunia saya sendiri. Saya melihatnya secara berbeda dan mendengarnya secara berbeda dan merasa lebih kuat. ”Orang-orang menggunakan Walkman untuk membantu mengatur suasana hati mereka dan menenangkan stres, seperti dokter gigi yang akan memasang headphone Walkman pada pasien sebelum melakukan pengeboran.
”Itu adalah perangkat seluler massal pertama,” kata Rebecca Tuhus-Dubrow, penulis Personal Stereo . "Itu mengubah cara orang menghuni ruang publik dengan cara yang sangat mendalam." Ini membuka jalan bagi penerimaan ponsel, teknologi portabel yang sekarang hadir di mana-mana.
Tapi, sama seperti ponsel, Walkman mengurung anda dari kehidupan sosial. Menggunakannya berarti menyegel publik dengan sengaja. "Ini adalah privatisasi ruang," Michael Bull, seorang profesor University of Sussex, yang mempelajari pengguna Walkman di tahun 90-an, mengatakan kepada saya. "Stereo pribadi adalah tanda visual 'jangan diganggu'," tulisnya dalam bukunya Sounding Out the City .

Ilustrasi seseorang mendengarkan musik dengan perangkat Walkman

“Ini menandakan keinginan untuk memisahkan diri dari seluruh dunia dengan satu sentuhan tombol. Anda memejamkan mata dan bisa berada di mana saja. ” seperti yang ditulis oleh kritikus musik Vince Jackson di majalah Inggris Touch.
Banyak yang tidak setuju. Bagi mereka, itu tampak sangat kasar, "Pernikahan kita atau Sony Anda," seperti yang diperingatkan istri desainer grafis James Miho pada tahun 1980, setelah, seperti yang dilaporkan New York Times.
Menariknya, Sony sendiri juga khawatir mesin itu mendorong perilaku antisosial. Bos Sony, Akio Morita, memerintahkan agar Walkman pertama menyertakan jack headset kedua — jadi dua bisa mendengarkan sekaligus. Tapi ternyata tidak ada yang menginginkannya. "Orang-orang ingin mendengarkan sendiri," catatan Tuhus-Dubrow.

Perangkat Walkman waktu awal diluncurkan

Namun orang memang menciptakan budaya sosial yang dinamis di sekitar Walkman. Mereka berbagi earbud, mereka membuat mixtapes untuk teman atau teman kencan. Memang, membuat mixtapes — menyatukan lagu-lagu dari stereo rumah, untuk membuat kompilasi baru — menjadi aktivitas yang jelas modern. Pesan itu bukan dalam satu lagu tetapi dalam kombinasi yang mereka buat. “Mixtapes menandai momen perubahan budaya konsumen di mana pendengar memperoleh kendali atas apa yang mereka dengar,” sebagaimana ditulis oleh kritikus Matias Viegener. Mixtapes juga membantu memicu kepanikan atas hak cipta, dengan industri musik meluncurkan kampanye mengklaim bahwa "Home Taping Is Killing Music."
Itu tidak mematikan musik, tentu saja. Tetapi memberi kita sekilas tentang dunia abad ke-21 yang akan datang, dimana tempat kita hidup dikelilingi oleh media, menunduk sambil memegang perangkat di tangan kita setiap saat.

Perbandingan perangkat Walkman zaman sekarang (kiri) dan
zaman awal pertama diluncurkan (kanan)

Dapat diketahui, perilaku manusia pada saat Walkman diluncurkan hampir sama dengan yang terjadi pada saat ini, dari yang muda hingga yang tua semuanya menggunakan gadget. Satu pesan dari penulis, jangan jadikan gadget sebagai tembok bagi kalian, jadikan gadget sebagai jembatan untuk menghubungkan kalian dengan dunia. Zaman tidak dapat kita hindari, zaman akan terus maju menabrak manusia, yang bisa manusia lakukan yaitu menerima “tabrakan” itu dan memanfaatkannya sebaik mungkin. (smc/pojokseni.com)

Ads