Waktu Terbaik untuk Umroh dan Persiapan Travel Umroh Terpercaya dengan Blibli.com -->
close
Pojok Seni
25 April 2019, 4/25/2019 01:29:00 AM WIB
Terbaru 2019-04-24T18:47:18Z
ArtikelArtikel Sponsor

Waktu Terbaik untuk Umroh dan Persiapan Travel Umroh Terpercaya dengan Blibli.com

Advertisement

pojokseni.com - Apakah Anda adalah salah satu yang memimpikan beribadah umroh di tanah suci? Umroh menjadi salah satu ibadah yang sunnah, sedangkan Haji adalah ibadah yang wajib, bahkan termasuk dalam rukun Islam. Namun, karena kuota haji dibatasi, Anda bahkan baru bisa berangkat haji beberapa tahun kemudian, apabila mendaftar di hari ini.

Oleh karena itu, antrian haji yang padat menjadikan banyak orang ingin melakukan ibadah umroh terlebih dulu. Umroh berarti beribadah, sekaligus berwisata reliji ke tanah suci. Berangkat ke tanah suci, berarti siap berkunjung ke tanah yang paling diimpikan oleh orang Islam di seluruh dunia.

Sebenarnya, umroh bisa dilakukan kapan saja. Namun, ada waktu terbaik dan juga persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan umroh, seperti dipaparkan PojokSeni berikut ini.

Waktu Terbaik untuk Umroh


1. Bulan Ramadan*


Ramadan sebentar lagi, bahkan tinggal menghitung hari. Tahun 2019 ini (atau tahun 1440 Hijriah), Ramadan kemungkinan akan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019 apabila mengacu ke tanggalan di Arab Saudi. Maka, mulai dari tanggal 6 Mei sampai menjelang Idul Fitri yang akan jatuh di bulan Juni 2019, adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh.

Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim (dua perawi yang banyak meriwayatkan hadis sahih), menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda "jika Ramadan tiba, berumrohlah saat itu, karena umroh Ramadan senilai dengan Haji."

Dengan demikian, umroh di bulan Ramadan senilai dengan haji. Karena itu, wajar kalau bulan suci tersebut, jemaah umroh dari seluruh dunia akan banyak berdatangan ke Mekkah.

(*nb: PojokSeni memilih kata "Ramadan" bukan "Ramadhan", karena Ramadan merupakan bentuk baku dalam Bahasa Indonesia, berdasarkan KBBI, sehingga dipertimbangkan untuk digunakan. Begitu juga kata "Hadis" dan "Sahih".)

2. Musim Pertengahan (Maret, April, Mei)


Tanah Suci, memiliki iklim yang ekstrim dan jauh berbeda dengan tanah air kita. Cuacanya begitu panas di musim panas dengan suhu nyaris mencapai 45 derajat Celcius, yang berarti nyaris setengah suhu dari titik didih. Bisa dibayangkan betapa panasnya, bukan? Apalagi, untuk jemaah yang berusia lanjut, atau terlalu kecil, tentunya suhu tersebut akan menjadi masalah, bukan? Musim panas bermula Maret dan berakhir di bulan Agustus.

Sedangkan di musim dingin, khususnya malam, di Tanah Suci justru terlalu dingin. Suhunya melewati titik beku, yakni mencapai -3 derajat Celcius. Tentunya, suhu ini juga berbahaya bagi kesehatan jemaah. Musim dingin di Arab Saudi biasanya terjadi mulai bulan September hingga Februari.

Namun, awal-awal musim panas, yakni dari bulan Maret, sampai Mei, adalah waktu yang tepat untuk berangkat umroh. Pada saat itu, cuaca sedang-sedang saja, berarti tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Apalagi pada pagi hari, cuaca akan sangat bersahabat pada tubuh Anda. Jadi, Anda tentu akan lebih nyaman dan fokus beribadah.

3. Libur Sekolah atau Libur Panjang


Akan lebih indah bila umroh dilakukan dengan seluruh anggota keluarga, bukan? Maka dari itu, Anda bisa menjadwalkan umroh di waktu libur sekolah. Apalagi tahun ini, libur sekolah akan dimulai akhir April hingga akhir Mei.

Dari penjabaran tentang waktu terbaik untuk umroh di atas, maka bisa disimpulkan bahwa bulan Mei tahun 2019 adalah waktu terbaik untuk umroh. Sebab, di bulan ini bertepatan dengan bulan Ramadan, serta cuaca di Arab Saudi akan lebih ramah dengan tubuh Anda, lengkap pula dengan jadwal libur sekolah. Jadi, Anda bisa mengajak anak istri Anda serta melakukan perjalanan reliji ke tempat yang suci dan terbaik di planet ini, Mekkah dan Madinah.

Persiapan Terbaik untuk Umroh yang Perlu Diperhatikan


Umroh akan berlangsung setidaknya 9 hari sampai dua minggu. Dengan demikian, Anda tentu harus menyiapkan hal-hal tertentu untuk memastikan ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa persiapan, selain mempersiapkan waktu yang tepat, untuk menjadikan umroh Anda aman dan nyaman.

1. Cek kondisi fisik


Selama dua minggu di tanah suci dengan cuaca yang ekstrim dan banyak kegiatan tentunya memerlukan kondisi fisik yang prima. Kondisi yang tidak fit akan menimbulkan banyak penyakit dalam tubuh Anda.

Jadi, tidak ada salahnya mulai menjaga pola hidup sehat, rutin berolahraga hingga minum suplemen dan makan makanan sehat. Sehingga Anda tetap bisa menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci.

2. Cek pakaian dan kelengkapan lainnya


Pakaian yang wajib Anda bawa tentunya pakaian ihram untuk beribadah. Namun, Anda juga menyiapkan pakaian lainnya setidaknya untuk 3 hari agar tidak telalu banyak barang bawaan. Ditambah lagi, kacamata, masker dan syal untuk berlindung dari debu yang sering menimbulkan iritasi ketika di tanah suci. Bila Anda berangkat di musim dingin, maka siapkan juga pakaian dingin, seperti jaket, sweater dan sebagainya.

3. Peralatan kebersihan dan perlindungan wajah


Cuaca di tanah suci juga cukup berpotensi menimbulkan masalah pada rambut, wajah dan kulit. Jadi, jangan lupa untuk membawa sun block, pencuci muka, sampo dan peralatan mandi dan kebersihan tubuh yang lengkap untuk berangkat ke tanah suci.

Rekomendasi Penyedia Jasa Perjalanan Umroh Terbaik, Termurah dan Terpercaya


Sayangnya, ada banyak kasus penipuan terkait umroh dan haji di Indonesia. Sejumlah tersangka sudah banyak terseret dan jutaan jemaah menjadi gagal umroh, meski telah kehilangan banyak uang. Jadi, ingin mencari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang terpercaya yang tidak tipu-tipu?

Anda juga mencari PPIU yang terpercaya, tapi juga paket perjalanan dengan harga terbaik? Ingin paket travel umroh terbaik dengan harga terjangkau (mulai dari Rp2 juta) bahkan ada yang berhadiah sepeda motor? Anda bisa melihat beberapa paket travel umroh yang ada di Blibli.com.

Sebab, paket tour dan travel di Blibli.com merupakan paket umroh yang terpercaya, karena hanya bekerjasama dengan PPIU yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) RI. Anda juga bisa memilih banyak paket umroh dan haji yang ditawarkan dari banyak PPIU. Ditambah lagi dengan banyaknya penawaran menarik seperti promosi bahkan hadiah, seperti hadiah sepeda motor yang sudah disebutkan di atas.

Jadi, sudah siap untuk beribadah umroh? Jadikan ibadah umroh Anda lebih aman, nyaman dan terjamin dengan berbagai paket travel umroh di Blibli.com. (ai/as/pojokseni.com) 

Ads