Ingin Mulai Melukis? Perhatikan Dulu Hal Ini -->
close
Pojok Seni
15 March 2019, 3/15/2019 02:29:00 AM WIB
Terbaru 2019-03-14T19:30:18Z
ArtikelSeni

Ingin Mulai Melukis? Perhatikan Dulu Hal Ini

Advertisement



pojokseni.com - Melukis, bukan berarti sembarangan menorehkan cat di atas kanvas. Mungkin ada spontanitas, tapi perlu perencanaan yang matang. Seperti mempersiapkan karya seni lainnya, melukis juga butuh persiapan sebelum akhirnya mengalir seperti air.

Melakukan persiapan sebelum melukis, berarti sudah mempersiapkan cetak biru lukisan di dalam otak, lalu bila diperlukan dicatat di sebuah draft. Dengan demikian, lukisan Anda akan tetap pada jalurnya, dan tidak berakhir kacau. Selain itu, juga lebih efektif, karena persiapan cat, kanvas dan sebagainya juga akan sesuai dengan rencana.

Bila Anda adalah pemula dan akan memulai melukis, maka hal-hal ini perlu diperhatikan sebelum akhirnya Anda mulai melukis.

1. Tentukan Subjek, Format dan Ukuran


Sebelum lukisan benar-benar akan dimulai, pastikan dulu subjek lukisan sudah ditentukan. Anda bisa membuat pemandangan, sketsa, atau menggunakan foto untuk dilukis. Selain itu, tentukan pula format lukisan, karena baik landskap, potret maupun persegi, berarti Anda membutuhkan kanvas yang tepat ukurannya.

Setelah itu, tentukan pula ukurannya. Bila Anda ingin melukis potret, maka sesuaikan ukuran dengan skala tertentu.

2. Pilih Medium dan Teknik yang tepat


Persiapan kedua, adalah memilih medium lukis yang terbaik untuk subjek lukisan Anda. Medium tersebut nantinya akan sesuai dengan teknik yang akan digunakan. Misalnya Anda menggunakan cat akrilik, maka tekniknya berbeda dengan cat air. Berbeda pula dengan cat minyak, tentunya.

Terpenting, Anda perlu untuk memastikan cat yang Anda gunakan, baik akrilik, cat air maupun cat minyak adalah cat yang berkualitas tinggi.

Advertise: Rekomendasi Buku Pilihan Wajib Anda Miliki









3. Pilih Permukaan Lukisan/Media

Setelah mendapatkan pilihan teknik yang akan digunakan, maka selanjutnya Anda tinggal memilih media untuk melukis. Anda bisa melukis di kanvas, bisa juga di papan atau malah di kertas. Tentunya, sesuaikan dengan teknik yang akan digunakan serta medium lukisan.

Seandainya kanvas, serat yang halus dan serat yang kasar memiliki perbedaan dampak pada karya Anda. Begitu pula kertas halus dan kertas kasar. Menggunakan teknik impasto misalnya, akan lebih baik digunakan dengan media kanvas, ketimbang kertas.




4. Warna yang Tepat


Setelah semuanya sudah ditentukan, Anda tentunya sudah siap melukis. Peralatan melukis sudah disiapkan, selanjutnya Anda tinggal memilih warna yang tepat untuk karya Anda. Anda bisa melukis realis senyata mungkin dengan memilih warna yang paling mendekati.

Setelah semuanya sudah siap, tunggu apalagi? Yuk, mulai melukis sekarang. (ai/pojokseni.com)

Ads