Crea, Sosok Juru Kunci Museum Vatikan -->
close
Satria Marcelino
30 July 2018, 7/30/2018 05:33:00 PM WIB
Terbaru 2018-07-30T10:33:28Z
ArtikelBudayaSejarah

Crea, Sosok Juru Kunci Museum Vatikan

Advertisement
Museum Vatikan
pojokseni.com - Apakah kalian tahu Museum Vatikan ? atau bahkan pernah mengunjunginya ?
Pernahkah terfikir, siapa yang menjaga museum tersebut ?
Bukan seorang monster seperti di film-film, melainkan seorang bernama Gianni Crea.

Gianni Crea, seorang yang telah bekerja di Vatikan 20 tahun belakangan ini dan juga menjabat sebagai kepala clavigero selama enam tahun lamanya. Crea sangat akrab dengan yang namanya sejarah, hampir setiap pagi ia menjadi orang pertama yang membuka pintu-pintu yang terdapat di museum Vatikan.
Gianni Crea
Keheningan subuh yang dirasakan Gianni Crea di Kapel Sistina, mempelajari bayangan Caravaggio dan mengagumi tekstur Mesir Kuno merupakan pengalaman tersendiri yang hanya dirasakan Crea sendiri. “Ya, benar, saya merupakan pemegang kunci museum ini. Walaupun begitu, saya tetap menjadi seorang penjaga pintu yang bertugas membuka Museum Vatikan setiap hari,” ujar Crea, seorang Katolik yang sangat taat.

Pagi hari pukul 05.30 waktu setempat, di sebuah bunker yang aman menampung sejumlah 2.797 kunci. Gianni Crea beserta rombongan, membuka dan juga menutup sebanyak 300 pintu setiap harinya. "Aroma yang menunggu ketika saya membuka pintu ini pertama kali adalah bau wangi dari sejarah, yang mungkin sama seperti yang dihirup oleh para pendahulu kita," tutur Gianni Crea.

Museum Vatikan sendiri merupakan tempat dimana beragam karya seni yang sangat berharga dilindungi, mulai dari zaman kuno hingga zaman modern, namun di antara semuanya, kursi konklaf Paus merupakan hal yang paling unik dan ikonik. Masih segar di ingatan Gianni Crea, betapa harunya dirinya saat tengah menemani penjaga kunci senior pada 1999 untuk membuka pintu Kapel Sistina pertama kalinya. Crea mengenang,"Detail yang sungguh indah. Terdapat sesuatu yang sangat spesial dan ajaib."
Gianni Crea memegang kunci dan berdiri di sebuah karya seni
Gianni Crea percaya bahwa seni bisa menyatukan umat manusia, terlihat dari para pengunjung yang tersentuh akan keindahan beragam karya seni walaupun para pengunjung tersebut memiliki perbedaan keyakinan. Crea memberi saran untuk mengunjungi Vatican Gardens yang merupakan sebuah tempat dimana tanaman dari seluruh dunia mekar dan berkembang bersama di tempat yang sama, dan itu melambangkan toleransi itu penting.

Gianni Crea bersyukur akan profesi yang dijalaninya saat ini, karena ia percaya satu hal bahwa seni akan menyatukan semua orang melalui sejarah, budaya dan nilai kemanusiaan. “Saya memang hanyalah seorang penjaga pintu museum biasa. Tapi, untuk saya ini adalah hal terindah karena saya dapat ikut andil dalam menjaga serta ikut melestarikan kunci yang bersejarah,” tutupnya.
Gianni Crea berjalan di sebuah lorong museum
Apakah kalian tertarik untuk menjadi penjaga museum ?
Apapun pekerjaan kalian, cintailah itu, karena jika kalian mencintainya, maka kalian akan lebih merasakan betapa menyenangkan kehidupan yang kalian jalani.
Salam hangat (smc/pojokseni.com)

Ads