Dramakala Fest : Sebuah Kemungkinan Lain Dari Ruang Kreatifitas -->
close
Pojok Seni
14 January 2018, 1/14/2018 03:46:00 AM WIB
Terbaru 2018-01-13T20:46:07Z
event

Dramakala Fest : Sebuah Kemungkinan Lain Dari Ruang Kreatifitas

Advertisement

Catatan : Harris Priadi Bah

pojokseni.com - Dramakala Fest adalah sebuah event festival teater yang sangat khas dan menarik yang diadakan setiap tahun yang penyelenggaraannya dilakukan oleh IDEAL (Indonesia Drama Educators Association), sebuah perkumpulan pendidik drama yang dibentuk serta berada di bawah institusi pendidikan komunikasi terbaik di Jakarta yakni Stikom London School of Public Relations Jakarta, dalam rangka merayakan ulang tahun IDEAL dan media teater dramakala yang diterbitkannya yang jatuh pada tanggal 18 Februari.

Kehadiran IDEAL dengan dramakala Fest ini merupakan sebuah cita-cita teater yang terlahir dari maksud dan keinginan sederhana untuk memberikan semacam ruang kemungkinan lain bagi presentasi semangat dan kreatifitas berkarya pekerja teater. Sebagai sebuah “ruang kemungkinan lain” idealnya tentu saja dia bisa memberikan pilihan-pilihan dan nuansa yang unik dan tak sama dengan ruang-ruang yang telah sudah pernah ada dan diberlangsungkan.

Dengan pemikiran seperti itulah maka digagas sebuah forum festival teater yang agak beda bentuk serta cita-rasanya dan yang memang belum banyak diselenggarakan, kalau tidak dapat dikatakan belum pernah ada sama sekali, yakni event festival dengan dua bentuk kompetisi sekaligus di dalamnya, yakni Festival Drama Pendek dan Festival Monolog. Tahun 2018 ini adalah tahun ke tujuh penyelenggaran dramakala Fest.

Pemenang Dramakala Fest 2017

Festival Drama Pendek ini sendiri merupakan sebuah festival yang unik di mana pesertanya hanya boleh menampilkan pertunjukan dengan durasi yang pendek, dalam hal ini tidak boleh lebih dari 30 menit. Ini boleh jadi menghadirkan tantangan tersendiri bagi setiap peserta. Hal lain yang juga membedakan Festival Drama Pendek ini dengan festival teater yang lainnya adalah dalam soal naskah atau materi pertunjukan yang ditampilkannya di mana peserta diberikan kebebasan sangat luas untuk mengambil materi, mengonsepsi ide serta gagasan awalnya dari bentuk karya apa pun dan dari mana pun, yang dalam hal ini bisa berupa cerpen, puisi, lukisan, syair lagu dan tentunya naskah drama yang standart.

Gagasan ini sejatinya memang berbau “politis” bersebab dari padanya diharapkan dapat menjadi semacam salah satu perlawanan terhadap kecenderungan yang terjadi belakangan ini dalam panggung-panggung teater Indonesia, yakni kecenderungan untuk menggarap pertunjukan dengan biaya produksi besar serta pendukung pertunjukan yang juga besar itu.

Semacam perlawanan ideologi estetik artistik terhadap napsu-napsu megalomania artistik yang cenderung menghamba pada rupiah. Memasuki usianya yang ke tujuh pada tahun 2018 ini, dramakala Fest telah menjadi tujuan dan ruang pilihan berkompetisi yang sungguh dinantikan bagi pekerja teater yang berada bukan hanya di Jakarta tetapi juga luar Jakarta.

Semoga dramakala Fest bisa tetap menjadi ruang alternatif yang segar dan kreatif yang dari sana lahir karya-karya terbaik dari pekerja-pekerja teater yang penuh semangat dan cinta pada teater. Maju terus teater Indonesia. (**)

Dramakala Fest 2018 merupakan kompetisi drama pendek dan monolog tingkat nasional yang memperebutkan Piala Prita Award dan Dramakala Award. Rencananya, lomba teater ini akan digelar pada tanggal 22 hingga 24 Februari 2018 mendatang di Kampus B, London School of Public Relations Jakarta. Untuk informasi pembelian tiket, silahkan lihat di bawah ini :

Sekretariat IDEAL
Sudirman Park Office Complex
Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 35
Jakarta Pusat 10220
Hotline : 0815-1021-1119
Website : www.lpsr.edu/IDEAL
Twitter : @IDEALdramakala

Penulis : Harris Priadie Bah
Editor : Adhyra Irianto


Ads