Satu Persatu Barang Pusaka Indonesia Kembali dari Belanda -->
close
Pojok Seni
15 October 2017, 10/15/2017 06:04:00 AM WIB
Terbaru 2017-10-20T05:11:13Z
Artikel

Satu Persatu Barang Pusaka Indonesia Kembali dari Belanda

Advertisement

pojokseni.com - Barang-barang pusaka karya anak negeri yang dibawa pulang oleh Belanda dari Indonesia hampir ratusan tahun lalu, satu persatu dikembalikan ke Indonesia melalui Presiden Joko Widodo. Hampir 1.500 artefak dan benda pusaka kekayaan Indonesia asli yang sudah lama tersimpan di negeri tulip tersebut.


Awalnya, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte yang secara simbolis menyerahkan keris Toradja yang selama ini tersimpan di Delft, Belanda, pada tanggal 23 November 2016, atau hampir setahun yang lalu.


Patung Ken Dedes di Belanda

Setelah itu, secara bertahap, sisa artefak lainnya dibawa menggunakan kapal ke Indonesia dengan total lebih dari 1.500 artefak. Rencananya, barang-barang tersebut akan disimpan di museum di Indonesia.

Dengan demikian, berarti kekayaan bangsa Indonesia berbentuk benda pusaka hasil karya anak negeri tersebut kembali ke asal, meski hampir 75 tahun sejak kemerdekaan, barang-barang tersebut sudah tersimpan di Belanda. Belanda memang membawa barang tersebut kembali ke negeri kincir angin ini, ketika terusir oleh Jepang, pada era 40-an.

Kehadiran PM Belanda ke Indonesia tahun 2016 silam (sumber foto : Detik)

Jenis artefak yang akan dikembalikan antara lain, patung arca batu, kayu, senjata, keris, tekstil dan sebagainya. (ai/pojokseni)

Ads