Gump n Hell, Komik yang Sarat Kritik Dalam Balutan Komedi -->
close
Pojok Seni
24 July 2017, 7/24/2017 02:12:00 AM WIB
Terbaru 2017-07-23T19:19:03Z
ArtikelResensi

Gump n Hell, Komik yang Sarat Kritik Dalam Balutan Komedi

Advertisement


pojokseni.com - Tidak sengaja berselancar di dunia maya, "tiba-tiba" penulis blog pojokseni.com menemukan satu komik yang sampai ke beranda media sosial. Komik tersebut bertajuk "Gump n Hell" yang memuat kritik terhadap keadaan sosial, politik dan keagamaan terkini dalam balutan komedi segar dan menghibur.

Ini komik yang ditemukan pojokseni.com :



Cerita dalam komik tersebut mengisahkan bahwa sebenarnya anak sekolah sekarang dalam bahaya. Karena, sekolah menjadi tempat tumbuh suburnya sejumlah tindak diskriminasi, bullying dan tindakan negatif lainnya yang berdampak pada perpecahan bangsa.

Misalnya pada komik di atas, bermula dari seorang anak SD yang sedang membaca banyak buku (yang seharusnya makanan anak kuliahan semester tinggi) namun ditegur oleh bapaknya. Si bapak meminta anak tersebut berhenti begadang, dan tidur karena esoknya akan sekolah.

Ternyata, di sekolah, anak ini melihat seorang anak yang tidak berjilbab diusir dari sekolah, karena sekolah tersebut siswa perempuannya berjilbab. Kemudian, ketika belajar, anak tersebut dicekoki teori bumi datar, dan tindakan diskriminasi SARA, yang digambarkan seorang anak ditanyakan agamanya oleh teman-temannya. Juga ada gambar seorang anak SD yang mengacungkan senjata pada seekor hewan, yang diartikan sebagai tindak kekerasan di sekolah.

Lalu, si anak tidak ingin belajar di sekolah lagi. Si anak terlihat menyiapkan sejumlah bom, minyak dan sebagainya yang "diduga" akan digunakan untuk membakar sekolahnya sendiri. Komik ini mendapat tanggapan lebih dari 90 komentar, 1.200 disukai dan ribuan kali dibagikan.



Tentu saja, sindiran pedas diselipkan pembuat komik tersebut. Karena penasaran, pojokseni.com juga mencari tahu tentang komik ini lebih lanjut, juga membaca semua karya komiknya. Hampir semuanya bermuatan kritik, baik masalah politik, keagamaan, sosial dan lain-lain. Kritiknya cerdas, dibuat berdasarkan sumber yang faktual, namun dikemas lucu dan menarik untuk diikuti.

Lihat contoh komik mereka yang lain : 


Komik ini bisa dilihat di halaman Facebook : Gump n Hell, atau di intagram @gumpnhell. Untuk menghubungi komikus ini bisa melalui email higump.hihell@gmail.com.

Gump n Hell memiliki definisi bebal (gump juga sinonim dengan kata dunce yang berarti bodoh) dan neraka. Entah apa misi yang diusung lewat nama ini, namun komik dari mereka menarik untuk diikuti. Dari informasi yang didapat dari laman FB mereka, komik ini sudah rilis sejak Maret 2016. (ai/pojokseni)

Ads