Kembali ke Indonesia, Ini Fakta Menarik Tentang Barrack Obama -->
close
Pojok Seni
28 June 2017, 6/28/2017 11:59:00 PM WIB
Terbaru 2017-06-28T16:59:33Z
Artikel

Kembali ke Indonesia, Ini Fakta Menarik Tentang Barrack Obama

Advertisement
Barrack Obama di Bali (sumber : BBC)

pojokseni.com - Ada beberapa hal menarik dari kedatangan kembali mantan presiden ke 44 Amerika Serikat, Barrack Obama ke beberapa tempat di Indonesia seperti Bali, Jogjakarta dan direncanakan akan singgah juga ke Jakarta.

Kedatangan Barrack Hussein Obama juga memberikan kesan yang manis dari mantan presiden Amerika dari 2009 hingga 2017 ini. Obama datang karena terbayang akan indahnya tabuhan gamelan Jawa dan betapa estetik dan megahnya candi-candi di Jawa Tengah.

Obama adalah anak tiri dari Dr Soetoro yang menikahi perempuan asal Amerika, Ann Dunham yang merupakan ibu Obama. Obama yang sekarang berusia 55 tahun ini kerap menghabiskan masa kecilnya di Sleman, Jogjakarta karena di lokasi tersebut adalah tempat tinggal Prof Iman Sutiknjo, kakak dari Dr Soetoro.

Kenapa kedatangan Obama menjadi magnet bagi publik di Indonesia? Selain karena dia adalah mantan orang nomor satu di negeri adidaya tersebut, juga karena Obama masih memiliki tingkat kepopuleran yang lebih tinggi daripada presiden AS saat ini Donald Trump di Indonesia. Kaitan masa kecil Obama dengan Indonesia juga menjadi tambahan tersendiri dari kedekatan hubungan tersebut.

Ibu Obama, Ann Dunham juga dikenal sebagai Doktor Antropologi. Pada tahun 1970-an, Ann Dunham pernah membuat riset tentang pengrajin logam di Jogja. Itulah kenapa periode tahun 1969 hingga 1971, Obama disebut-sebut menghabiskan masa kecilnya di Jogja, setelah Jakarta.

Fakta lain tentang Obama yang juga mungkin Anda ketahui namun tetap menarik untuk diulang adalah, Obama adalah presiden AS pertama yang berasal dari Hawaii. Ya, karena Obama lahir di Honolulu, Hawaii satu-satunya negara bagian di AS yang berbentuk kepulauan.

Obama juga adalah orang kulit Afrika-Amerika pertama yang menjadi orang nomor satu di negeri paman sam tersebut. Hal itu membuat AS menunjukkan adanya supremasi demokrasi di republik serikat tersebut.

Obama juga sempat bekerja sebagai jaksa di Chicago, sebelum menjadi dosen di University of Chicago. (ai/pojokseni)

Ads