Mengenal Kabaret, Seni Pertunjukan yang Kembali Naik Daun -->
close
Pojok Seni
27 April 2017, 4/27/2017 06:13:00 AM WIB
Terbaru 2021-02-19T19:16:53Z
BeritaSeniteater

Mengenal Kabaret, Seni Pertunjukan yang Kembali Naik Daun

Advertisement

pojokseni.com – Akhir-akhir ini, pertunjukan kabaret mulai kembali marak dan mulai dilombakan oleh beberapa kelompok atau instansi. Salah satunya yang didatangi pojokseni.com beberapa waktu lalu, yakni Festival Kabaret D2EAMFEST 2017, oleh Dejavoo Entertainment.

Kabaret adalah sebuah seni pertunjukan yang memadukan musik, tari, dan sandiwara yang pada umunya mengandung komedi.  Istilah "kabaret" tidak lepas dari tempat lahirnya pertunjukan ini, yaitu bahasa Perancis dari bar atau cafe melalui bahas Perancis Utara Kuno camberette, dari kata bahasa Latin Akhir camera. 


Pada intinya kata ini berarti "ruangan kecil". Hal itu dikarenakan, pada awal perkembangannya kabaret memang dipertunjukan di bar-bar atau restoran malam dengan panggung kecil dan penonton mengelilingi meja-meja kecil yang ada di depannya. Penonton dapat menikmati makanan yang tersaji sambil menonton pertunjukan yang dihadirkan para pemain kabaret, yang menghadirkan beberapa bentuk hiburan yang dikemas menjadi satu. Seriring kemajuan teknologi dan zaman. 

Sekarang, kabaret lebih identik dengan “permainan audio” dari sang sutradara. Dimana dialog dan penataan musik telah tersaji dan terekam sehingga actor aktris hanya menyeuaikan dialog dan alur cerita yang tersaji (lipsync). Sutradara dapat semakin berkreatifitas dengan penambahan hal-hal tak terduga yang tidak dapat dilakukan dialog langsung. 

Hal inilah menjadi daya tarik kabaret. Untuk tempat pertunjukannya tidak ada batasan untuk melakukan pertunjukan ini. Kabaret di zaman sekarang sudah dapat dilakukan dimana saja, termasuk lapangan terbuka.

Berikut 4 judul kabaret terbaik buatan Indonesia versi pojokseni.com yang direkomendasikan untuk ditonton (dapat dilihat di youtube) :

• Sabtu bersama bapak dari instrument kabaret
• Sultan hasanudin dari new kabisa
• Kirana dari sensasi kabert
• Drugshare dari dejavoo kabaret

Yuk, mulai menampilkan kabaret. (its/pojokseni.com)

Ads