ISI Padangpanjang Tuan Rumah FKI 2016 -->
close
Pojok Seni
07 November 2016, 11/07/2016 03:30:00 PM WIB
Terbaru 2016-11-07T08:30:43Z
Beritaevent

ISI Padangpanjang Tuan Rumah FKI 2016

Advertisement
 

pojokseni.com - Festival Kesenian Indonesia (FKI) kembali digelar. Kali ini, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang mendapatkan mandat menjadi tuan rumah pada perayaan nasional ini. FKI ini rencananya akan dilaksanakan pada 8 – 10 November 2016.  Pada gelaran FKI yang ke IX ini, tema yang diusung adalah Seni dan Spiritualitas Bangsa.

Dalam rancangan Kegiatan FKI, Materi pokok yang akan dilaksanakan antara lain seperti Seminar Nasional dan Internasional, pameran dan pergelaran seni internasional, pameran dan penayangan media rekam, workshop media rekam, workshop desain, dan diskusi karya seni pertunjukan.

Informasi terhimpun pojokseni.com, sebanyak delapan universitas seni Indonesia, diantaranya ada ISBI Aceh, IKJ Jakarta, ISBI Bandung, ISI Jogja, ISI Surakarta, ISI Denpasar, STKW Surabaya dan ISBI Papua akan menampilkan karya-karya unggulan dari masing-masing kampus. 

Sementara itu, Pemerintah Kota Padangpanjang akan memanfaatkan momen FKI tersebut sebagai bentuk promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah berjuluk Serambi Mekah itu. Tidak hanya dikunjungi wisatawan asal berbagai daerah di Nusantara, peserta FKI itu juga akan berada di Padangpanjang selama kegiatan berlangsung. Peserta nantinya akan bercerita di tempat tinggalnya masing-masing tentang pariwisata yang ada di Padangpanjang, baik itu budaya, kesenian, kuliner dan lainnya. 

FKI IX 2016, menjadi salah satu program dua tahunan BKS-PTSIO yang diproyeksikan untuk bisa mewujudkan tujuan-tujuan kesenian. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan ikhtiar besar yang menyangkut banyak aspek, baik pemanfaatan sumber daya manusia, sarana, pembiayaan, maupun capaian program festival kesenian itu sendiri. FKI juga menjadi salah satu program unggulan yang diharapkan memiliki implikasi luas terhadap pencapaian kualitas kreativitas dan hasil karya seni indonesia sehingga mampu bergaung dalam lingkup internasional. 

Setelah melewati delapan kali pelaksanaannya, maka FKI pada akhirnya menjadi ajang utama dalam melahirkan konsep dan karya cipta bidang seni yang mampu melahirkan karya-karya ‘magnum opus’ di setiap kurun waktu pelaksanaannya. Tujuan dan sasaran kegiatan FKI ini antara lain adalah, yang pertama menguatkan jalinan kerjasama Sembilan perguruan tinggi seni dalam upaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan negara atas hasil kreativitas berkesenian yang sudah dilakukan oleh civitas akademika di perguruan tinggi seni masing-masing. 

Selain itu, tujuan FKI lainnya adalah menumbuhkembangkan forum komunikasi yang lebih berkualitas antar perguruan tinggi seni melalui  berbagai kegiatan pameran, pagelaran, dan seminar ilmiah. Menumbuhkembangkan apresiasi masyarakat terhadap varian daya estetika  dan kreativitas yang dikembangkan dalam berbagai ekspresi seni oleh para civitas akademika di masing-masing perguruan tinggi seni. Terakhir, meningkatkan perhatian dan penghargaan masyarakat daerah, nasional, dan internasional terhadap aktivitas perguruan tinggi seni di Indonesia. (isi/pojokseni.com)

Ads