Sejak Kapan 27 Maret Menjadi Hari Teater Sedunia? -->
close
Pojok Seni
28 March 2016, 3/28/2016 12:41:00 AM WIB
Terbaru 2021-03-29T20:47:45Z
Beritaevent

Sejak Kapan 27 Maret Menjadi Hari Teater Sedunia?

Advertisement
Sejak Kapan 27 Maret Menjadi Hari Teater Sedunia?
Sejak Kapan 27 Maret Menjadi Hari Teater Sedunia?



pojokseni.com - Hari ini, Minggu 27 Maret 2016 dirayakan sebagai hari Teater Sedunia. Awalnya, International Teater Institute (ITI) pada tahun 1961 mencetus tanggal 27 Maret sebagai Hari Teater sedunia. ITI sendiri adalah organisasi seni teater terbesar di Dunia, yang berada dibawah UNESCO dan berpusat di Paris. Awalnya, misi yang dibawa dalam hari teater sedunia ini adalah perdamaian, melalui seni dan panggung pertunjukan. Hingga saat ini, informasi terhimpun menyebutkan bahwa tanggal 27 Maret yang dipilih adalah hasil pemilihan acak.


Dirjen Unesco saat itu, Irina Bokova meyakini bahwa teater memiliki kekuatan untuk memenuhi itu. Teater bisa menggerakkan, menginspirasi, hingga mengajarkan lewat cara yang tidak bisa dilakukan oleh seni lain. Oleh sebab itu, pesan perdamaian dunia disampaikan lewat teater mulai hari itu. Tahun 1962, pada tanggal yang sama (27 Maret) sosialisasi Hari Teater Sedunia dimulai keseluruh dunia.

Di Indonesia, gaung hari teater sedunia juga sudah terasa sejak tahun 1990-an. Beberapa tempat di Indonesia juga menggelar event, pementasan atau diskusi tentang teater dalam memperingati hari teater sedunia. Apakah anda atau grup teater anda menggelar acara terkait hari teater sedunia? Bagikan informasinya ke tim pojokseni.com lewat FB page : pojokseni.com. 

Semoga, hari teater sedunia bisa menjadi momentum untuk kebangkitan seni teater di Indonesia. Salah satu Pekerjaan Rumah terbesar adalah bagaimana menjadikan seniman teater berkehidupan layak, sehingga profesi sebagai seniman atau pelaku teater tidak ditinggalkan oleh pecintanya.