Apakah Benar Sikat Gigi yang Anda Pakai "Halal"? -->
close
Pojok Seni
13 February 2016, 2/13/2016 02:18:00 AM WIB
Terbaru 2016-02-12T19:19:22Z
ArtikelBerita

Apakah Benar Sikat Gigi yang Anda Pakai "Halal"?

Advertisement

pojokseni.com - Masyarakat Indonesia, khususnya Muslim atau pemeluk agama Islam, mulai terombang-ambing dalam lautan informasi di dunia maya (baca : internet). Munculnya beberapa website, hingga blog yang melempar informasi terkait isu agama. Kemudian mendapat ribuan share dalam waktu singkat akhirnya membuat informasi yang belum tentu benar tersebut dilahap mentah-mentah oleh pembacanya.

Satu hal yang paling 'seksi' untuk di share adalah tentang halal dan haramnya satu benda/makanan/keperluan sehari-hari. Pembaca tentu langsung ketakutan, lalu share artikel tersebut, dengan harapan mendapat pahala karena memberitahukan hal tersebut pada umat yang lain.

Mulai dari jilbab, baju, sikat gigi, filter rokok, gelas, panci, bungkus tempe hingga  terompet tahun baru dianggap dibuat dari bahan 'haram' sehingga tidak boleh digunakan. Untuk Muslim, biasanya hewan yang paling berkonotasi dengan 'keharaman' adalah Babi.

Satu artikel yang pojokseni.com temukan ini dengan semena-mena mengharamkan Sikat Gigi tanpa analisa lebih dalam. Tuduhan sekenanya ini perlu diluruskan agar tidak ada lebih banyak netizen yang melahap mentah-mentah informasi ini.

Lihat klaim dari pemilik blog tersebut dari Screenshoot kami dibawah ini.

Atau kalau ingin membaca, coba klik blog di alamat ini : esspanza.blogspot.com

Ada satu kata yang dirujukkannya ke hewan Babi, yakni kata Bristle. Menurut penulis blog tersebut, Bristle berarti bulu babi atau rambut babi. Ternyata, bila penulis tersebut mau membuka kamus Bahasa Inggris saja, ia akan menemukan bahwa ia sudah melakukan tindakan yang keliru. Bristle berarti rambut pendek atau bulu yang pendek, tapi bukan hanya milik babi, tapi semua makhluk atau benda yang memiliki bulu pendek. 

Di poster produk tersebut tertulis : Active Care Bristle atau perlindungan bulu (pendek) aktif. Bristle dalam konteks ini diartikan sebagai bulu pendek, diatas bulu panjang yang biasa terdapat di sikat gigi. Untuk kata bulu panjang, terjemahan Bahasa Inggrisnya adalah Mane, sedangkan untuk rambut adalah Hair

Permasalahannya, meskipun bulu di sikat gigi dan pada hewan sama-sama kalau diterjemahkan ke Bahasa Inggris sebagai Bristle, tidak melulu bahan bulu di sikat gigi adalah bulu hewan.

Apalagi di sikat gigi, bahan 'bulu' biasanya dari plastik atau bahan lainnya. Dari itu, mulailah bijak menyingkapi artikel yang disebar oleh netizen lain di dunia maya. Pengecualian untuk artikel pojokseni.com, karena kami membuatnya dengan hati. Hihi. 

Sekarang terserah anda, terima mentah-mentah informasi dari netizen yang menjadi viral di internet. Atau, anda memilih untuk analisa mendalam terlebih dahulu sebelum menerimanya.(@pojokseni)

Ads