Indonesia Diteror ISIS, Ibu Ini Diteror Photoshop! -->
close
Pojok Seni
16 January 2016, 1/16/2016 01:02:00 AM WIB
Terbaru 2016-01-15T18:02:06Z
ArtikelBeritaCerita Komedi

Indonesia Diteror ISIS, Ibu Ini Diteror Photoshop!

Advertisement
Berita tentang ibu selfie depan teroris yang fenomenal
pojokseni.com - Setelah kejadian mengejutkan yakni serangan teroris di Gedung Sarinah, sekelompok orang mulai membuat meme terkait kejadian itu. Meme tersebut ada yang berujung positif, seperti memberi tahu bahwa masyarakat Indonesia tidak takut dengan serangan teroris, tukang sate yang tetap berjualan. Tapi, ada beberapa pembuat meme yang tega melakukan hal ini. Ia mengedit foto seorang ibu yang tengah membenarkan tongkat narsis (Tongsis) tepat didepan pelaku tersebut.

Beberapa media online kemudian memberitakan foto editan tersebut, salah satunya Tribunnews. Hasilnya, berita itu dishare kesana-sini membuat wajah ibu itu menjadi begitu terkenal. Beberapa komentar yang sangat miring mulai berdatangan dari netizen yang biasa menelan bulat-bulat berita tanpa periksa.

"Ibu itu, ngucap bu, dibelakang ada teroris," kata seorang netizen.

Tidak lama kemudian, tepatnya berkelang satu hari usai berita itu menjadi bahan pembicaraan banyak orang, baru muncul berita lanjutan. Kita sebut saja sebagai klarifikasi. Apa yang diklarifikasi? Foto itu adalah foto editan. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

atas dan kanan, foto asli, bawah foto editan

Sedangkan foto ibu itu, aslinya diambil dari foto ini.

Atas, sumber foto yang diambil, bawah foto telah diedit

Netizen sudah mengerti, tapi ibu itu sudah terlanjur jadi bahan cacian dan bully. Meski sempat sedikit di blur, namun wajah ibu itu dan jilbab pink-nya masih begitu kentara untuk dikenali. 

Apakah ada permintaan maaf dari pengedit foto? Apakah ada permintaan maaf dari netizen yang tadi mencaci? Terakhir, adakah permintaan maaf dari media yang menyebar berita bohong dan foto editan tersebut? (@pojokseni)

Ads