06 December 2015

author photo

Baca Juga

Minangkabau
pojokseni.com - Anda berasal dari tanah Minang? Atau memiliki darah Minang? Maka anda wajib tahu bahwa ada Orang Minang yang menjadi gambar di mata uang 4 Negara, antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam. Dilansir dari anakminang.com, disebut bahwa tokoh-tokoh ini berasal dari Ranah Minangkabau atau memiliki keturunan Minang. Siapa saja mereka, berikut pojokseni.com memaparkannya pada anda :

1. Tokoh Minang di Mata Uang Malaysia (Ringgit)


Dalam mata uang Negara Malaysia, Ringgit, pada pecahan 50 Ringgit terdapat gambar Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad yang kemudian disebut sebagai 'Yang Dipertuan Agong Malaysia' Pertama. Yang Dipertuan Agong Malaysia adalah gelar bagi Raja Malaysia. Sedangkan Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad berasal dari Negeri Sembilan, yang sejak abad ke-15 dihuni oleh mayoritas 'Urang Awak'. Begitu juga Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad yang merupakan keturunan kelima dari Sultan Abdul Jalil dari Kerajaan Pagaruyung.

2. Tokoh Minang di Mata Uang Singapura (Dollar Singapura)


Dalam mata uang Singapura, Dollar Singapura, pecahan 50 Dollar Singapura bergambar Tun Yusuf Ishak yang juga berasal dari Kerajaan Pagaruyung. Tun Yusuf Ishak adalah keturunan keempat dari Datuk Jonaton, yang kemudian merantau ke Singapura lalu memimpin negeri itu.

3. Tokoh Minang di Mata Uang Brunai Darussalam (Dollar Brunai)


Tokoh Minang yang ada di Mata Uang Brunai Darussalam adalah Sultan Hasanah Bolkiah. Sultan Hasanah Bolkiah disebut-sebut berasal dari daerah Piobang, Payakumbuh. Hal itu bersumber dari buku berjudul : The Early History of Brunei Up to 1432 AD. Bahkan, dari buku itu, disebut juga bahwa pendiri kerajaan Awang Alak Betatar adalah Sultan Muhammad Shah yang berasal dari tanah Minangkabau. Bahkan, zaman dahulu, datuk-datuk asal Minangkabau juga mendapat kehormatan lebih di wilayah utara Pulau Kalimantan tersebut. Sedangkan Sultan Hasanah Bolkiah terdapat di beberapa uang Brunai.

4. Tokoh Minang di Mata Uang Indonesia (Rupiah)



Kembali ke tanah air, kita tahu bahwa uang pecahan Rp 5000 terdapat gambar Tuanku Imam Bonjol. Tuanku Imam Bonjol merupakan pahlawan Nasional yang lahir di Pasaman, Sumatera Barat. Selain itu, pada uang pecahan Rp 100.000 yang merupakan pecahan uang terbesar di Rupiah, juga terdapat gambar Muhammad Hatta. Muhammad Hatta yang merupakan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia berasal dari Bukittinggi. (@pojokseni)

Follow twitter kami @pojokseni atau like FB page kami pojokseni.com untuk informasi menarik lainnya.
your advertise here

This post have 2 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

  1. Sumatera Barat dan Minangkabau kata yang artinya berbeda, umumnya di sebut orang Padang yang sebenarnya merupakan nama kota, dipengaruhi nama Restoran Padang yang bertebaran dan istilah Rendang Padang masakan nomer satu dunia versi Televisi CNN, sedangkan versi lain Tomyam Soup dari Thailand . Perlu seharian untuk masak rendang Padang dengan cita rasa dunia.
    Sumatera Barat adalah wilayah administrasi provinsi Indonesia,dengan wilayah sangat indah seperti Switzerland Eropa , adanya kelok 9 dan kelok 44 , rel kereta di Lembah Anai, gunung dan lembah. Ada 4 Danau yang cukup luas, danau Maninjau adalah yang terdalam di Indonesia, sehingga menjadi berwarna sangat biru di lihat dari bukit embun pagi.
    Sedangkan Minangkabau merupakan kebudayaan, walaupun sebenarnya masuk kebudayaan Melayu. Istilah Minangkabau dari menang kerbau , versi lain adalah bahasa Sansekerta India artinya tanah asli, hal ini karena penduduknya lebih banyak dirantau. Sebagai kebudayaan pengaruh Minangkabau kebanyak Negara - Seflizon

    ReplyDelete
  2. Sumatera Barat dan Minangkabau kata yang artinya berbeda, umumnya di sebut orang Padang yang sebenarnya merupakan nama kota, dipengaruhi nama Restoran Padang yang bertebaran dan istilah Rendang Padang masakan nomer satu dunia versi Televisi CNN, sedangkan versi lain Tomyam Soup dari Thailand . Perlu seharian untuk masak rendang Padang dengan cita rasa dunia.
    Sumatera Barat adalah wilayah administrasi provinsi Indonesia,dengan wilayah sangat indah seperti Switzerland Eropa , adanya kelok 9 dan kelok 44 , rel kereta di Lembah Anai, gunung dan lembah dan 4 danau yang cukup luas.
    Sedangkan Minangkabau merupakan kebudayaan, walaupun sebenarnya masuk kebudayaan Melayu. Istilah Minangkabau dari menang kerbau , versi lain adalah bahasa Sansekerta India artinya tanah asli, hal ini karena penduduknya lebih banyak dirantau. Sebagai kebudayaan pengaruh Minangkabau kebanyak Negara - Seflizon

    ReplyDelete
Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...