Mempersiapkan Pementasan Mandiri di Luar Kota? Perhatikan Hal-Hal Ini -->
close
Pojok Seni
05 December 2015, 12/05/2015 12:59:00 AM WIB
Terbaru 2015-12-04T17:59:52Z
BeritaSeni

Mempersiapkan Pementasan Mandiri di Luar Kota? Perhatikan Hal-Hal Ini

Advertisement
Ilustrasi pementasan

pojokseni.com - Mempersiapkan pementasan mandiri, terutama di luar kota atau di luar Provinsi, seringkali menjadi tujuan beberapa grup kesenian. Namun, ada hal-hal, baik kecil maupun besar yang sering dilewatkan oleh grup teater yang akan mengadakan pementasan di luar kota. Apa saja? 

Berikut hal-hal yang sering terlewatkan oleh grup teater yang akan pentas diluar wilayah menurut pojokseni.com :

1. Surat Izin dari Kepolisian

Ilustrasi Surat Izin Kepolisian

Hal ini seringkali terlewat oleh grup kesenian yang akan menggelar pementasan di luar kota. Padahal, tanpa adanya surat izin ini, pihak berwenang punya hak untuk membatalkan bahkan membubarkan pementasan anda.

2. Menentukan HTM

Harga Tiket Masuk (HTM) juga seringkali membuat pementasan oleh sebuah grup kesenian jadi sepi penonton. Selain memperhatikan dan mempertimbangkan masak-masak, berapa kemampuan finansial penonton di kota tujuan, satu lagi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesenian di kota tujuan tersebut. Apabila seni merupakan tontonan utama, serta masyarakat di kota tujuan adalah orang-orang yang haus akan pementasan seni, mungkin anda bisa menerapkan HTM yang pas dan sesuai.

3. Komunikasi Intens dengan Panitia Lokal


Berhubungan dengan panitia lokal di kota tujuan, seharusnya lebih intens. Grup kesenian terkadang sibuk dengan artistik dan persiapan pementasannya, tanpa berhubungan intens dengan panitia lokal. Sehingga, grup tersebut tidak bisa memantau kemajuan dan kesiapan dari panitia lokal.

4. Obat-obatan dan Tenaga Medis


Ini juga sering terlewat. Bukan tidak mungkin, karena pengaruh cuaca atau kelelahan latihan dan perjalanan, kondisi tubuh anggota grup anda akan drop.

Demikian hal-hal yang sering terlewatkan oleh grup kesenian yang menggelar pementasan mandiri di kota lain. Follow twitter kami @pojokseni dan like FB page kami pojokseni.com. (@pojokseni)

Ads