Alat Musik Daerah (Sumatera) -->
close
Pojok Seni
31 August 2015, 8/31/2015 09:31:00 AM WIB
Terbaru 2015-08-31T02:31:38Z
Musik

Alat Musik Daerah (Sumatera)

Advertisement
Alat Musik Petik dari Riau
pojokseni.com - Indonesia yang kaya budaya, juga terkenal dengan kekayaan musik daerah. Begitu banyaknya, hingga sampai di klaim oleh negara lain loh. Musik daerah disebut juga sebagai musik yang dibuat berdasar pada budaya dan adat di suatu daerah. Musik daerah juga selalu digunakan dalam upacara adat, acara adat hingga dinyanyikan di acara pernikahan.

Biasanya, lagu daerah selalu memiliki pesan yang dalam, mencakup untuk satu daerah tertentu lantaran bahasanya dan untuk lagu 'lawas' biasanya berirama atau melody sederhana. Meskipun demikian, sudah banyak lagu daerah kontemporer yang kaya nada dan bisa memasuki pasar mainstream.

Berikut pojokseni.com paparkan beberapa alat musik daerah yang bisa ditemukan pulau Sumatera.

1. Rebana

Rebana

Rebana sebenarnya terinspirasi dari budaya Arab yang masuk ke Indonesia lewat proses akulturasi budaya dan berbarengan dengan masuknya Islam ke Indonesia. Rebana berukuran kecil, yakni hanya sebesar telapak tangan bisa ditemukan di daerah Aceh. Sedangkan di daerah Sumatera Selatan, bisa ditemukan rebana yang berukuran besar, dengan diameter lebih dari 40 centimeter dan dimainkan oleh sekelompok laki-laki.

2. Godang
Gondang

Godang adalah gendang besar yang berasal dari Sumatera Utara. Satu set alat Godang yang disebut Tata Ganing berisi Gong, Gerantung, Tanggelong, Suling, arkab dan lain-lain. Selain itu, juga dikenal istilah Godang Sambilan, yang berisi sembilan buah godang, beberapa gong, simbal dan serunai (seruling).

3. Koko
Koko

Koko berbentuk seperti kecapi yang berasal dari daerah Nias. Biasanya, bersama Koko, juga diiringi oleh Gendang, garpu tala, dan surune (seruling).

4. Talempong
Talempong

Nah ini adalah alat dari Sumatera Barat. Ada beberapa jenis talempong, antara lain talempong duduk dan talempong pacik. Untuk mengiringi talempong, biasanya digunakan pula beberapa alat perkusi, semacam tambur dan tasa. Selain itu, ada satu alat lagi yang termasyur dari daerah Sumatera Barat berupa musik tiup bernama Saluang.

5. Kelintang
Kelintang

Satu alat ini bentuknya mirip (sekali) dengan bonang Jawa. Hanya notasi permainannya saja yang berbeda. Alat ini digunakan oleh Suku Rejang, Provinsi Bengkulu. Biasanya, utuk memainkan bonang akan diiringi oleh gendang, rebab dan gong.

6. Dol
Dol

Alat musik ini adalah icon dari Provinsi Bengkulu. Alat musik pukul yang berukuran cukup besar ini mampu mengeluarkan suara yang juga sangat besar, sehingga sering pula disebut 'genderang perang'. Alat ini digunakan dalam jumlah banyak dan dengan beat cukup cepat. Acara Tabot di Bengkulu adalah salah satu acara yang banyak menggunakan dol ini.

Follow twitter kami @pojokseni atau like FB page kami Pojokseni.com untuk update informasi tentang alat musik daerah lainnya

Ads