Gerak Teatrikal : Gerak Dalam Teater -->

Ads

10 January 2015, 1/10/2015 02:41:00 AM WIB
Terbaru 2018-05-25T20:59:44Z
Materi Teater

Gerak Teatrikal : Gerak Dalam Teater

Advertisement

Oleh : Diah Irawati S.S, M.Pd & Adhyra Irianto

pojokseni.com - Gerak  terbagi menjadi dua, yakni gerak Teatrikal dan Gerak Non Teatrikal. Nah, gerak yang digunakan pada teater adalah gerak Teatrikal. Gerak ini adalah gerak yang lahir dari keinginan bergerak sesuai dengan tuntutan naskah. Biasanya, didalam naskah terdapat carangka (kalimat didalam kurung) seperti pada contoh penggalan naskah monolog Lagu Pak Tua, karya Adhyra Irianto berikut ini :


Pak Tua (PT) : Sudah 5 tahun (duduk dengan benar, seperti menghitung dengan jari tangan kiri, dengan wajah serius) iya (seperti terkejut) benar, sudah 5 tahun (kembali keposisi semula) apa yang telah kulakukan selama lima tahun ini? Kenapa tidak punya uang? (menegak minumannya, kemudian duduk benar menunduk) (download naskah ini)


Kalimat yang berada didalam kurung dan dimiringkan adalah Carangka. Biasanya gerak dalam teater diatur didalam Carangka tersebut. Ada juga, gerak yang tidak diatur dalam carangka pada sebuah naskah. 


Tinggal sang aktor sendiri yang berimprovisasi gerakan disesuaikan dengan tuntutan naskah, atau mungkin mengikuti arahan dari Sutradara.

Didalam teater, segala gerakan harus memiliki arti, dan sebab-akibat. Dengan kata lain, harus ada dasar dan motif yang jelas untuk melakukan gerakan. 


Berarti, setiap aktor harus memperhatikan setiap gerakannya, karena mengeluarkan jari kelingking saja di atas panggung, tanpa motif yang jelas, akan menjadi tanda tanya bagi penonton.

Gerak Teatrikal dibagi menjadi dua, yaitu Gerak Halus dan Gerak Kasar.


Gerak Halus adalah gerak pada raut wajah (Facial Expression) atau biasa dikenal dengan Ekspresi wajah.


Gerak ini timbul dari dalam atau emosi. Misalnya, raut wajah sedih, gembira, marah, kecewa dan lain-lain.

Gerak Kasar adalah gerak dari seluruh tubuh kita. Gerak ini dilakukan sebagai respons, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Ada beberapa jenis gerak kasar, antara lain Business, Gestures, Moving (movement) dan guide.


- Business adalah gerakan kecil tanpa sadar (Spontan/refleks)


- Gestures adlaah gerakan yang dilakukan secara sadar/ berdasarkan tuntutan naskah

- Movement adalah gerakan perpindahan tubuh dair satu tempat ke tempat lainnya.

- Guide, adalah cara melakukan movement/ cara berjalan sesuai karakter, watak, tokoh atau tuntutan naskah.

Bila ingin mengutip sebagian atau keseluruhan dari artikel di situs ini, harap menyertakan sumber : www.pojokseni.com