08 January 2015

author photo

Baca Juga




Agar panca indra dapat berfungsi maksimal dalam memainkan sebuah peran, harus terus ada pelatihan yang rutin dan terjadwal. Dengan maksimalnya penggunaan panca indera, maka peran yang kita mainkan dapat semain baik pula.

Berikut teaterpetass.com memberi contoh latihan untuk memaksimalkan penggunaan panca indera dalam teater (dari berbagai sumber) :

  1. Dimulai dengan latihan Mata atau indera pelihat. Cara melatih mata salah satunya dengan cara menatap satu titik sambil duduk bersila. Terus menatap titik fokus tersebut tanpa berkedip selama yang kamu mampu.
  2. Latihan telinga atau indra pendengar, bisa dilakukan dengan cara berada dipinggir keramaian atau jalan raya. Tutup mata dan rasakan semua suara yang masuk . Rasakan dan resapi setiap nada dan mencoba untuk mengenalinya. Termasuk, menghitung ketukan dari suara tersebut.
  3. Latihan hidung atau indra pencium. Dilakukan dengan cara yang sama dengan latihan telinga. Tetapi, yang dirasakan adalah bebauan dan wangi yang dicium oleh hidung.
  4. Latihan kulit atau indera perasa. Dengan mata terpejam, coba raba suatu benda yang ikuti bentuknya. Atau, ketika sedang duduk bersila dan dalam keadaan yang benar-benar fokus, rasakan setiap deru angin yang menyentuh kulit anda.
  5. Latihan lidah atau indera pengecap. Salah satu bentuk latihan yang paling sederhana adalah, meraba seluruh rongga mulut dan gigi dengan lidah. Rasakan dan temukan bagaimana bentuk gigi, gusi dan juga bagaimana rasanya.


Demikian latihan dasar yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan panca indera agar dapat dimaksimalkan dalam berperan. Anda juga bisa menciptakan sendiri latihan untuk peningkatan panca indra anda dalam teater.

Butuh Naskah Drama/ Naskah Monolog? >> KLIK DISINI
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...