Cara Termudah Menyetel Gitar -->
close
Adhyra Irianto
05 July 2014, 7/05/2014 02:52:00 AM WIB
Terbaru 2014-07-04T19:52:04Z
Artikel

Cara Termudah Menyetel Gitar

Advertisement

Cara Termudah Menyetel Gitar
Oleh : Teater Petass

Banyak yang mau belajar gitar, menemui kesulitan yang satu ini! Menyetel gitar!

Bagi para dewa gitar, mungkin hal ini bukan perkara yang sulit. Dengan mata terpejam dan hati bergumam saja, gitar sudah pas setelan bunyinya. Sedangkan yang terlihat oleh gitaris pemula, si "Dewa Gitar" hanya memutar-mutar knop di ujung gitar.

Tapi tenang, ada kiriman dari pembaca (anonim) yang memberi masukan cara menyetel gitar paling mudah. Karena terlalu mudah, bahkan gitaris pemula (yang pendengarannya baik-baik saja) juga bisa melakukan penyetelan gitar model ini. Oleh beberapa gitaris, ini disebut sebagai "Trick Fret 5". Berikut caranya :

1. Untuk senar 6 (paling atas : nadanya adalah E), bisa gunakan keyboard, suling atau pianika untuk menyamakan nadanya. Setelah sama nadanya, baru penyetelan senar dibawahnya bisa dilakukan.

2. Tekan fret 5 pada senar 6 (hitung kotak dari kiri, kotak tersebut disebut fret, dan fret kelima berarti kotak kelima, semoga sudah pada tahu -red).
Bunyikan nada tersebut, kemudian putar knop setelan senar 5 (nadanya A) agar sama persis dengan nada fret 5 di senar 6. Setelah sama, berarti dua senar diatas sudah setel.

3. Selanjutnya tekan fret 5 pada senar 5, bunyikan nada tersebut, kemudian putar knop setelan senar 4 agar sama dengan tersebut. (nadanya adalah D). Sekarang, sudah tiga senar yang disetel.

4. Tekan fret 5 pada senar 4, bunyikan nada tersebut (nadanya adalah G). Seperti biasa, petik senar dibawahnya, lalu putar kenop setelan senar 3 agar bunyinya sama persis.

5. Khusus untuk menyetel senar 2, agak sedikit berbeda. Karena yang ditekan bukan fret ke 5, melainkan fret ke 4. Tetapi caranya masih seperti diatas. (nadanya adalah B)

6. Kembali tekan fret 5 pada senar 2. Kemudian petik senar 1 (senar terbawah) sambil putar knopnya agar nadanya sama dengan senar diatas. Nadanya adalah E

7. Kalau masih ingin memastikan, gunakan kembali keyboard atau pianika anda untuk menyamakan nadaa. Senar 6 = E (rendah), senar 5 = A, senar 4 = D, senar 3 = G, senar 2 = B dan senar 1 = E (tinggi).

Anda sudah bisa mulai berlatih gitar sekarang! 

Ads