Cara Mengirim Naskah di Penerbit Bentang Pustaka -->
close
26 July 2014, 7/26/2014 05:35:00 AM WIB
Terbaru 2014-07-25T22:35:03Z
Sastra

Cara Mengirim Naskah di Penerbit Bentang Pustaka

Advertisement


Oleh tim @teaterpetass

Sama seperti penerbit sebelumnya, Bentang Pustaka juga menerima kiriman naskah dari penulis. Bedanya, untuk buku dewasa diterbitkan lewat Bentang Pustaka, untuk naskah remaja melalui Bfirst. Untuk buku anak akan diterbitkan melalui Bentang Belia. Hal ini perlu diketahui, agar naskah anda tidak salah sasaran.
Penulis juga sebaiknya mengetahui bagaimana ciri atau tema tulisan yang diinginkan oleh Penerbit Bentang Pustaka. Selain membeli buku-buku terbitan Bentang Pustaka, anda juga bisa mengakses judul-judul naskah yang pernah terbit oleh penerbit ini melalui situs resminya, www.bentang.mizan.com.

Sekarang Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Bentang Pustaka?

Anda bisa mengirimkan karya anda melalui email atau Pos (print out). Untuk mengirim lewat email (soft copy), kirimkan naskah anda ke bentang.pustaka@mizan.com (untuk kategori remaja & dewasa) atau ke bentang.belia@mizan.com. Biasanya, anda akan mendapat konfirmasi melalui email bahwa naskah anda telah diterima.
Untuk mengirim lewat Pos, kirim ke alamat berikut ;

PT. BENTANG PUSTAKA 
Jl. Plemburan no.1, Pogung Lor, RT.11, RW.48 SIA XV, 
Sleman, Yogyakarta – 55284.  Tlp. (0274) 889248.

Bagaimana Format Pengiriman naskahnya?

- Naskah diketik dalam format ukuran kertas kuarto (A4) dengan spasi 1,5 (untuk naskah Bentang Belia, spasi 2)
- Margin Top 4, Left 4, Right 3, Bottom 3 (dalam cm).
- Jenis font Times New Roman, ukuran font 12pt.
- Panjang naskah minimal 200 halaman untuk fiksi/nonfiksi pembaca dewasa; minimal 180 dan maksimal 225 halaman untuk fiksi/nonfiksi remaja; 60 halaman untuk naskah buku anak-anak.
- Tuliskan di judul surel Kirim Naskah, diikuti dengan jenis naskah, kategori pembaca atau lini. Misal: KIRIM NASKAH, NONFIKSI, B-first.
- Naskah dikirim melalui e-mail dalam bentuk lampiran (attachment), bukan dimasukkan ke dalam badan (box) e-mail. Bentuk data yang dilampirkan bisa berupa file MS Word atau Pdf.
   
Lampiran e-mail terdiri dari
    (1) sinopsis & keunggulan naskah. Bila ada buku yang menjadi referensi sejenis, sebutkan judulnya. Tuliskan sinopsis & keunggulan maksimal dalam 300 kata.
    (2) biodata penulis yang berisi nama, alamat domisili, alamat e-mail, nomor telepon rumah dan/atau ponsel
    (3) naskah buku. Naskah yg dilengkapi dengan ilustrasi/foto, harap dimasukkan ke dalam teks. Kami akan meminta file foto/ilustrasi terpisah bila naskah sudah dikonfirmasi terbit. Naskah yang berbentuk komik/cergam dikirim dalam format pdf.

Bagaimana kreteria naskah yang diterima Bentang Pustaka?

- Fiksi/ non fiksi (Baik untuk anak-anak, dewasa maupun remaja)
- Bukan menjiplak/saduran/terjemahan apalagi plagiat. Seandainya berbentuk saduran/terjemahan harus menuliskan sumber aslinya.
- Tidak sedang diterbitkan oleh penerbit lain. Bila sudah pernah terbit, sertakan bukti kontrak yang menunjukkan bahwa perjanjian penerbitan sudah putus.
- Naskah Menarik, up to date (terbaru), unik dan dibutuhkan/dicari pembaca
- Tidak mengandung unsur Pornografi/ SARA/ menimbulkan konflik

Bila naskah anda diterima anda akan menerima konfirmasi terbit, minimal 3 bulan sejak naskah dikirim. Konfirmasi biasanya melalui email dan tim redaksi tidak akan memberikan review khusus untuk pengembalian naskah. Namun bila naskah anda tidak diterima, juga akan dikonfirmasi. File naskah anda akan dihapus, sedangkan bila berbentuk cetak tidak akan dikembalikan. Seandainya dalam waktu tiga bulan belum ada konfirmasi terhadap naskah anda, maka anda boleh mengirim email ke alamat tujuan pertama (saat mengirim naskah) melalui email dengan menyebutkan judul naskah dan kapan naskah anda dikirim.

Bila sudah jelas dan memiliki naskah siap kirim, tunggu apalagi, kirimkan naskah anda sekarang.

"Dari berbagai sumber"


Ads