Awal drama masuk ke Indonesia -->
close
Adhyra Irianto
19 November 2012, 11/19/2012 07:40:00 PM WIB
Terbaru 2015-08-06T17:25:19Z
BeritaDiary PetassMateri Teaterteater

Awal drama masuk ke Indonesia

Advertisement


pojokseni.com - Ada yang tahu kapan tepatnya drama masuk ke Indonesia? Mungkin hampir seluruh seniman sepakat kalau jawabannya Tidak TAHU !!

Karena latar awal drama adalah dari permainan drama tradisional rakyat, seperti lenong, wayang orang, ketoprak, ludruk dan lain-lain. Itulah asal-muasal drama pertama di Indonesia. Oleh sebab itu, sampai saat ini belum ada memastikan kapan masuknya teater rakyat tersebut.

Kemungkinan awalnya, yang agak menuju kepastian, teater Indonesia bisa jadi berasal dari teater boneka (wayang-wayangan) Nah, kalau ditanya dari kapan, jelas dari masa pra-sejarah di Indonesia sudah mengenal adanya Teater Boneka ini. Sejarah artinya tulisan sedangkan pra artinya sebelum. Berarti masa ini kemungkinan sekitar tahun 400 masehi. Berarti sebelum saat itu, Indonesia sudah mengenal teater.

Lanjut, pembagian masa drama dibagi menjadi lima :

1. Masa drama melayu : Pada saat masa ini, yang buat naskah adalah warga Belanda dan Cina di Indonesia

2. Masa pujangga baru : Rustam effendi tercatat sebagai penulis pertama pada masa ini (Siapa Rustam Effendi?? cari di google)

3. Masa Jepang : Nah masa ini, setiap pementasan drama pakai acara "sensor" dulu, agar tidak dianggap propaganda untuk melawan Jepang

4. Masa drama baru : Pada masa yang ini, adalah drama sesudah kemerdekaan tapi masih menggunakan hukum drama (dramaturgy) yang baku

5. Masa drama kontemporer : Nah ini yang terbaru, segala jenis drama kontemporer, seperti  absurd, Surealis dan lain-lain mulai bermunculan.


Lanjut ke : Awal dari teater Modern Dunia

Ads