Wah, Ada Orang Minang di Mata Uang 4 Negara -->
close
Pojok Seni
06 December 2015, 12/06/2015 09:39:00 PM WIB
Terbaru 2015-12-06T14:39:37Z
ArtikelBerita

Wah, Ada Orang Minang di Mata Uang 4 Negara

Advertisement
Minangkabau
pojokseni.com - Anda berasal dari tanah Minang? Atau memiliki darah Minang? Maka anda wajib tahu bahwa ada Orang Minang yang menjadi gambar di mata uang 4 Negara, antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam. Dilansir dari anakminang.com, disebut bahwa tokoh-tokoh ini berasal dari Ranah Minangkabau atau memiliki keturunan Minang. Siapa saja mereka, berikut pojokseni.com memaparkannya pada anda :

1. Tokoh Minang di Mata Uang Malaysia (Ringgit)


Dalam mata uang Negara Malaysia, Ringgit, pada pecahan 50 Ringgit terdapat gambar Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad yang kemudian disebut sebagai 'Yang Dipertuan Agong Malaysia' Pertama. Yang Dipertuan Agong Malaysia adalah gelar bagi Raja Malaysia. Sedangkan Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad berasal dari Negeri Sembilan, yang sejak abad ke-15 dihuni oleh mayoritas 'Urang Awak'. Begitu juga Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad yang merupakan keturunan kelima dari Sultan Abdul Jalil dari Kerajaan Pagaruyung.

2. Tokoh Minang di Mata Uang Singapura (Dollar Singapura)


Dalam mata uang Singapura, Dollar Singapura, pecahan 50 Dollar Singapura bergambar Tun Yusuf Ishak yang juga berasal dari Kerajaan Pagaruyung. Tun Yusuf Ishak adalah keturunan keempat dari Datuk Jonaton, yang kemudian merantau ke Singapura lalu memimpin negeri itu.

3. Tokoh Minang di Mata Uang Brunai Darussalam (Dollar Brunai)


Tokoh Minang yang ada di Mata Uang Brunai Darussalam adalah Sultan Hasanah Bolkiah. Sultan Hasanah Bolkiah disebut-sebut berasal dari daerah Piobang, Payakumbuh. Hal itu bersumber dari buku berjudul : The Early History of Brunei Up to 1432 AD. Bahkan, dari buku itu, disebut juga bahwa pendiri kerajaan Awang Alak Betatar adalah Sultan Muhammad Shah yang berasal dari tanah Minangkabau. Bahkan, zaman dahulu, datuk-datuk asal Minangkabau juga mendapat kehormatan lebih di wilayah utara Pulau Kalimantan tersebut. Sedangkan Sultan Hasanah Bolkiah terdapat di beberapa uang Brunai.

4. Tokoh Minang di Mata Uang Indonesia (Rupiah)



Kembali ke tanah air, kita tahu bahwa uang pecahan Rp 5000 terdapat gambar Tuanku Imam Bonjol. Tuanku Imam Bonjol merupakan pahlawan Nasional yang lahir di Pasaman, Sumatera Barat. Selain itu, pada uang pecahan Rp 100.000 yang merupakan pecahan uang terbesar di Rupiah, juga terdapat gambar Muhammad Hatta. Muhammad Hatta yang merupakan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia berasal dari Bukittinggi. (@pojokseni)

Follow twitter kami @pojokseni atau like FB page kami pojokseni.com untuk informasi menarik lainnya.

Ads