Sinau Teater Antropologi Bersama Anwari di Candi Sawentar



oleh : Adhyra Irianto

pojokseni.com - Anwari, si anak Sumenep kembali buat ulah. Kali ini, Anwari akan membawa gagasan teater antropologi-nya ke Candi Sawentar, Blitar, Jawa Timur. Pendiri Padepokan Seni Madura ini akan menyutradarai sebuah pertunjukan teater berjudul Rakara, dengan pelaku Soul Esto dan Jufriyanto. Anwari kembali memberi tugas double pada istrinya, Elyda K Rara, selain mengatur keuangan rumah tangga tentunya, agar dapat menjadi pimpinan produksi pada pentas kali ini.

Gagasan teater antropologi mungkin masih asing bagi masyarakat Indonesia pecinta teater, bahkan bagi banyak pegiat teater di negeri kita tercinta ini. Saya hanya sedikit beruntung ketika di bangku kuliah dulu dikenalkan dengan gagsan Eugenio Barba yang mengungkap kajian sikap panggung dengan pendekatan antropologi. Tapi, tidak pernah memainkannya, bahkan menonton pertunjukannya sekalipun. Apalagi tidak ada "aktor" dalam pertunjukan teater antropologi, yang ada hanya "performer".

Teater antropologi menekankan pada pra-ungkap para performer lewat berbagai gaya dan gerak, termasuk ragam tradisi, baik yang dilakukan sendiri, maupun secara grup. Nah, sekarang Anwari akan mengenalkan teater antropologi ini ke Blitar.


Tentunya, Anda bisa menyaksikan pertunjukan ini dan mendapat plus pelatihan langsung dari Anwari. Perlu dicatat, bahwa gagasan teater antropologi dari Anwari pernah menjadi penerima hibah karya inovatif Yayasan Kelola tahun 2016 lalu. Kemudian, Anwari juga tercatat sebagai aktor terbaik dalam Federation Teater International Festival tahun 2011, juga sudah mendapatkan pengalaman dalam pertukaran tokoh teater Indonesia-Jepang di program Suzuki Company of Toga tahun 2016 - 2018. Jadi, mengikuti workshop ini berarti memberi Anda kesempatan untuk merampok ilmu dan pengalaman dari seniman muda dari Madura ini.

Kegiatan yang dikemas dalam tajuk Sinau Teater Antropologi Bareng Anwari ini rencananya akan digelar pada hari Minggu (28/1/2017) mendatang di kawasan Candi Sawentar, Blitar, Jawa Timur. Mulai pukul 09.00 WIB, Anda bisa mengikuti workshop bersama Anwari sampai selesai. Sedangkan malam harinya, mulai pukul 19.00 WIB, pertunjukan bertajuk Rakara yang ditaja oleh Anwari dan kawan-kawan ini akan dipentaskan.

Nah, tertarik untuk lebih mengenal teater antropologi dan merampok ilmu dari seniman muda berbakat dari Sumenep ini? Mari merapat ke Blitar. (pojokseni.com)

1 comment:

  1. Merampok ilmu? Hahaha, baru dengar. Boleh-boleh, tapi ke Blitar jauh, saya di Medan

    ReplyDelete

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...