Dukung Gerakan Literasi Indonesia, Kapolri Resmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya



pojokseni.com - Salut, itulah kata yang bisa dikatakan pada jajaran Polri. Polri menunjukkan diri ikut berperan aktif memajukan gerakan literasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dengan membaca. Salah satu bentuk nyatanya adalah peresmian pojok baca di Polda Metro Jaya, tepatnya di kawasan Satpas SIM, Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Pojok baca tersebut diresmikan oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Kamis (10/8/2017)

Kapolri tidak sendirian saat meresmikan pojok baca tersebut. Pihaknya juga menggandeng jurnalis cantik yang juga duta baca Indonesia, Najwa Shihab dalam peresmian tersebut. Dilansir dari situs Polri, Kapolri menyebutkan bahwa cara mendekati masyarakat dan menciptakan keamanan dan ketertiban nasional tidak harus menggunakan cara kekerasan.

"Salah satunya dengan buku dan mengajar," kata Kapolri.

Ide Najwa Shihab


Pojok Baca tersebut, terang Kapolri, merupakan ide dari Najwa Shihab. Hal ini sebagai salah satu terobosannya pasca dijadikan Duta Baca Indonesia oleh Perpusnas. Ia menyatakan bahwa ide tersebut sangat cocok dengan dirinya, karena selain meningkatkan minat baca di masyarakat, juga meningkatkan minat baca di institusi kepolisian.

"Ke depan, diharapkan seluruh kantor polisi di Indonesia memiliki ruang Pojok Baca, dimulai dari tingkat Polda," kata Kapolri.

Najwa Shihab seperti dilansir dari berbagai sumber, menyebutkan bahwa institusi kepolisian merupakan salah satu institusi yang paling cepat merespons idenya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan membuat tempat baca. Ia juga mengagumi Pojok Baca di Polda Metro Jaya, karena memuat ribuan buku dan memiliki fasilitas yang gratis, ditambah lagi dengan akses WiFi gratis.

"Lebih cocok disebut perpustakaan, karena sangat lengkap. Tidak ada alasan lagi untuk tidak cinta membaca dengan adanya fasilitas seperti ini, terutama yang sedang mengantri untuk membuat SIM," tutup Najwa. (ai/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...
Spot Iklan