10 Grup Teater Ramaikan Pekan Teater Nasional di Yogyakarta

Ilustrasi pementasan Teater (sumber : detik)

pojokseni.com - Sebanyak 10 grup atau komunitas teater dari berbagai wilayah di Indonesia dijadwalkan akan pentas di Pekan Teater Nasional 2017 yang akan digelar di Gedung Societed Komplek Taman Budaya Yogyakarta. Pekan Teater Nasional 2017 tersebut digelar berkat kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedianya, pentas tersebut digelar pada tanggal 10 sampai 15 Agustus 2017 ini.

Seperti diungkapkan oleh Yusmawati, Kepala Sub Direktorat Seni Pertunjukkan Direktorat Kesenian Kemendikbud, 10 grup teater tersebut antara lain Teater Semero Yogyakarta, Sanggar Seni PPST Malang, Teater Baret Pontianak, Tirang Community Semarang, Komunitas Seni Nan Tumpah Padang, Sanggar Kreatif Menado, Teater Bingkai Palembang, Teater Grisbon Makassar, Lorong Junior Jakarta, serta Sanggar Anak Semesta Makassar.

Sebelum pentas, 10 grup teater ini akan dimentori oleh nama-nama yang tidak asing lagi di dunia teater Indonesia, seperti Nano Riantiarno, Rachman Sabur, Yoze Rizal Manua, Dindon WS, Rinaldi Anwar, Kus Yuliadi, Whani Darmawan, Iswedi Pratama, Aditya Gumay, dan Bambang Prihadi.

Acara ini digelar dengan tujuan memecah kesunyian pementasan teater di Indonesia. Menurut Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Ristu Gunawan, selama beberapa dekade terakhir, teater modern nyaris tidak berkembang, sedangkan teater tradisional malah mati suri. Kegiatan ini ditujukan untuk mendorong perkembangan teater, agar tidak terus dalam stagnasi. (ai/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

memuat ...
Spot Iklan