Salut, Tidak Ingin Hadiah Terkait Kasus, DiCaprio Kembalikan Hadiah Oscar -->
close
Pojok Seni
18 June 2017, 6/18/2017 02:46:00 AM WIB
Terbaru 2017-06-17T19:46:51Z
ArtikelBerita

Salut, Tidak Ingin Hadiah Terkait Kasus, DiCaprio Kembalikan Hadiah Oscar

Advertisement
Leonardo DiCaprio



pojokseni.com - Leonardo DiCaprio, aktor Hollywood ternama mengembalikan piala Oscar kepada Pemerintah Amerika Serikat beserta hadiah lainnya. Piala Oscar yang dimaksud bukan penghargaan sebagai aktor terbaik lewat perannya di film The Revenant 2016 lalu, melainkan hadiah dari produser film asal Malaysia yang memberikan DiCaprio piala Oscar milik aktor legendaris Marlon Brando.

Usut punya usut, ternyata produser film asal Malaysia tersebut tersangkut kasus pencucian uang di Malaysia yang tengah dilidik. Kasus tersebut dikenal dengan nama 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Kasus tersebut mencuat setelah investigasi dari wartawan di Wall Street Journal, salah satu media kenamaan di Amerika Serikat tahun lalu. Informasinya, kasus ini juga menyeret nama Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Razak.

"Seperti yang dilansir Time pada 31 Maret 2016, WSJ mengatakan dokumen penyelidikan oleh otoritas Malaysia  berisi informasi transfer bank yang menunjukkan lebih US$ 1 miliar (Rp 13,2 triliun). Dana yang  sebagian besar berasal dari 1MDB, mengalir ke lima akun milik Datuk Seri Najib di AmBank Bhd, sebuah bank Malaysia, antara 2011 dan 2015."

Nah, diduga aliran dana tersebut juga mengalir ke anak tiri PM Malaysia yang merupakan pemilik rumah produksi di Hollywood bernama Red Granite. Rumah produksi tersebut diduga menggunakan dana lebih dari US$ 100 Juta untuk membuat film berjudul "The Wolf of Wall Street".


Lalu, pada perayaan ulang tahun ke 38 dari aktor yang membintangi film Titanic tersebut, pemilik rumah produksi tersebut membeli lukisan karya Pablo Picasso dan piala Oscar aktor legendaris untuk dihadiahkan pada DiCaprio.

Beruntung, DiCaprio bertindak kooperatif dengan aparat dan menyatakan akan mendukung penuh penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut. Lalu, DiCaprio mengambil keputusan untuk mengembalikan semua hadiah tersebut dengan total nilai lebih dari jutaan dollar Amerika ke Pemerintah Amerika Serikat. (ai/pojokseni.com)

Ads