Review Buku : Dunia Sophie Sebuah Novel Filsafat -->
close
Pojok Seni
16 June 2017, 6/16/2017 02:45:00 AM WIB
Terbaru 2017-06-15T19:45:44Z

Review Buku : Dunia Sophie Sebuah Novel Filsafat

Advertisement
Dunia Sophie: Sebuah Novel Filsafat



Informasi Buku :

– Judul : Dunia Sophie (Sebuah Novel Filsafat)
– Jenis/ Genre : Novel/Fiksi
– Penulis: Jostein Gaarder
– Tebal Buku: 798 Halaman
– Harga : Rp 92.650 (belbuk.com)



Dunia Sophie: Sebuah Novel Filsafat
Gold Edition Dunia Sophie

pojokseni.com - Novel Dunia Sophie adalah karya dari Jostain Gaarder yang bercerita tentang dunia filsafat sejak era filsuf Socrates sampai Sigmund Freud. Novel dengan judul asli Sofie's Verden ini adalah salah satu novel dengan titel megabestseller dunia yang menjadi salah satu bacaan wajib bagi Anda. Bagi yang mengira bahwa bahasan tentang filsuf dan filsafat adalah bahasan yang berat dan bisa membuat 'gila' maka tidak dengan membaca buku yang satu ini. Bahasanya ringan dan mudah dicerna, mendekatkan diri Anda ke pemikiran para filsuf yang cenderung melawan batas dan sekat kehidupan. Anda juga akan ikut bersama imajinasi dan buah pikiran para filsuf, lalu menyelami serta memahami apa saja yang mereka pikirkan.

Kisah di dalam novel ini akan membuka pikiran Anda menjadi lebih luas, dan ikut menjawab pertanyaan dari para filsuf tersebut. Kisahnya diawali dengan Sophie, seorang gadis berusia belia yang mendapat kiriman surat dari seorang Alberto Knox, seseorang yang misterius. Pencarian identitas Knox akhirnya mengarahkan Sophie pada perkembangan filsafat yang terus diikuti oleh Sophie. Sampai akhirnya, Sophie memutuskan untuk menyelidiki sosok misterius tersebut, yang ternyata adalah seseorang yang bekerja dengan kedutaan PBB di Norwegia.

Tadinya, cerita yang sepertinya berjalan dengan alur sederhana tersebut berubah menjadi sulit. Bayangkan saja, ternyata Sophie dan Alberto Knox dalam cerita itu adalah tokoh imajiner dari seorang Mayor bernama Albert Knag yang memberikan hadiah sebuah tulisan pada anaknya bernama Hilde. Lalu, apa yang terjadi?

Tokoh imajiner tersebut seakan hidup sendiri, lalu menjalankan perannya masing-masing dengan mandiri. Dengan kata lain, berusaha melawan penulisnya. Sophie yang merupakan tokoh rekaan tersebut terus mencari jati dirinya, sesuai arahan sang penulis, Alberto Knag. Kemudian, dengan tambahan bumbu sejarah filsafat, ada banyak eksplorasi cerita lainnya yang begitu mengejutkan dari novel ini.

Meskipun demikian, bahasa yang digunakan masih mudah dicerna untuk mendekatkan diri Anda pada filsafat yang dikenal sebagai pelajaran yang bisa membuat bingung 7 keliling tersebut. Sebab, bila belajar filsafat Anda akan dijejali banyak teori, namun di novel ini langsung diterapkan pada tokoh imajiner bernama Sophie tersebut. Jadi, bagi Anda yang menggemari filsafat, atau ingin tahu lebih banyak tentang filsafat. Buku ini adalah salah satu yang wajib Anda jadikan tambahan koleksi di lemari buku Anda. (ai/pojokseni)

Ads