Rekomendasi : Lima Media Online Khusus Kesenian Indonesia -->
close
Pojok Seni
03 December 2016, 12/03/2016 12:35:00 AM WIB
Terbaru 2020-11-16T15:06:19Z
ArtikelBerita

Rekomendasi : Lima Media Online Khusus Kesenian Indonesia

Advertisement

pojokseni.com - Seniman, pecinta seni, kritisi seni dan penikmat seni tentu jarang melewatkan pemberitaan terkait dunia kesenian. Media mainstream juga memiliki kolom atau program khusus seni dan budaya, namun memiliki berita utama. Hasilnya, berita tentang kesenian biasanya jarang mendapat tempat utama, dibanding berita yang sedang hangat.

Pelaku seni juga kesulitan mempromosikan kegiatannya di media mainstream. Selain biaya advetorialnya yang cukup mahal, biasanya media mainstream juga mengutamakan kegiatan seni yang berskala internasional atau setidaknya nasional.

Tapi, belakangan ini tim pojokseni.com berhasil mendapatkan informasi ada beberapa media online yang berkutat di dunia seni dan budaya. Beberapa pementasan, hingga pementasan teater remaja juga mendapat porsi yang sama. Alhasil, beberapa grup seni bisa mempromosikan pementasan atau pegelaran hingga pameran ke para penikmat seni lainnya. Selain itu, media online seni juga memberi ruang silaturahmi antar pecinta seni, karena pengunjung dan pembacanya memiliki passion yang sama.

Berikut pojokseni.com paparkan lima media online khusus kesenian yang wajib jadi bacaan penikmat seni setiap hari.

1. Seni.co.id

Screenshoot Seni.co.id

Dari namanya, jelas bahwa media ini memang concern di bidang kesenian. Selain memuat berita, panggung, promosi dan review pentas, situs ini juga memuat opini tentang kesenian juga berita terkait sastra. Hal itulah yang membuat kami meletakkan situs ini di urutan pertama.

Anda bisa mengunjungi situs ini di alamat seni.co.id.

2. Berita Seni Indonesia

Screenshoot Berita Seni

Situs ini memuat beberapa info kompetisi kesenian, juga beberapa artikel review film, sastra hingga pertunjukan.

Selain itu, situs ini juga memuat profil beberapa sosok yang concern di bidang seni dan menginspirasi. Silahkan kunjungi situs ini di beritaseni.com.

3. Tembi News

Screenshoot Tembi

Tembi news mengusung tema berita dan rumah budaya Indonesia. Dengan demikian, berita yang ditawarkan adalah seputar seni dan budaya. Beberapa item yang bisa anda lihat di situs ini adalah promosi dan review pertunjukan, artikel seni hingga review film.

Silahkan kunjungi alamat situs ini di tembi.net

4. go Batak

Screenshoot Go batak

Ini khusus untuk warga Sumatera Utara, atau yang merantau. Bila situs lain bersifat universal, situs yang satu ini khusus untuk mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan suku batak.

Termasuk kesenian dan budaya batak menjadi porsi utama dalam situs ini. Tertarik mempelajari seni dan budaya batak, kunjungi alamat situs ini di www.gobatak.com

5. Warta Seni

Warta Seni

Warta seni memuat berita tentang promosi pementasan dan pertunjukan seni. Situs ini dikelola oleh Dewan Kesenian Lampung, namun tidak hanya memusatkan berita wilayah Lampung saja, melainkan seluruh Indonesia.

Situs ini juga memuat resensi, biografi tokoh seni, komunitas dan tradisi seni. Berita yang dibuat dalam bentuk feature yang ringan dan menarik.

Anda bisa mengunjungi situs yang mengusung tema 'art for society' ini di alamat www.wartaseni.com.

Bonus :

pojokseni.com

Pojokseni.com

Tentu, anda tidak boleh melewatkan situs yang mengusung tajuk "Wadah Seni Nusantara" ini. Pojokseni.com yang saat ini sedang anda baca juga memuat berita dan artikel tentang seni dan budaya, loh. Karena anda sedang membacanya, toh anda bisa melihat sendiri situs seperti apa pojokseni.com


Terakhir, situs seni adalah media yang netral untuk dibaca oleh pecinta seni. Media seni online biasanya cukup jauh dari dunia politik dan hingar bingar isu terkini. Ingin tahu lebih banyak tentang peristiwa seni mutakhir? Silahkan kunjungi media seni yang kami paparkan di atas. (ai/pojokseni.com)


NB : Bila masih ingin merekomendasikan situs atau media khusus seni budaya lainnya, silahkan tulis di kolom komentar

Update 2020: Situs seperti Tembi.net, beritaseni.com, dan Wartaseni.com sudah tidak aktif lagi sejak 2019. 

Ads