Tujuh Fakta Menarik Tentang Chairil Anwar -->
close
Pojok Seni
28 April 2016, 4/28/2016 08:42:00 PM WIB
Terbaru 2016-04-28T16:10:58Z
BeritaSastra

Tujuh Fakta Menarik Tentang Chairil Anwar

Advertisement
Chairil Anwar

pojokseni.com - Tanggal 28 April, pada tahun 1949, salah satu sastrawan kenamaan Indonesia, Chairil Anwar wafat diusia yang sangat muda, yakni 27 tahun karena beberapa penyakit. Hari wafatnya, diperingati sebagai Hari Sastra Nasional. Berikut pojokseni.com paparkan beberapa fakta unik tentang Chairil Anwar. 

Fakta I : Chairil Anwar menguasai empat bahasa, satu kelebihan yang membuatnya mampu bersentuhan dengan penulis dunia. Bahkan, salah satu karyanya pernah dipublikasikan di Majalah Nisan (1942).

Fakta 2 : Chairil sudah memutuskan untuk berhenti sekolah pada umur 18 tahun, tiga tahun setelah ia mendeklarasikan diri sebagai seorang seniman. 

Fakta 3 : Sebelum meninggal, Chairil Anwar sudah meluncurkan lebih dari 70 puisi. Satu hal yang ajaib, dalam karya-karyanya terakhir, ia telah "meramalkan" ajalnya tersebut. 

Fakta 4 : Kalimat "Boeng, Ajo Boeng" (Bung, Ayo Bung) yang tertulis dalam poster kemerdekaan pada tahun 1948 merupakan usul dari Chairil Anwar. Uniknya, kata-kata tersebut didapatkannya dari seorang pelacur yang sedang menjajakan diri.

Fakta 5 : Chairil Anwar meninggal diusia yang sangat muda (27 tahun). Namun, sejak umur 20 tahun, ia sudah mendapatkan banyak prestasi dalam sastra.

Fakta 6 : Chairil Anwar adalah keponakan dari Sutan Syahrir.

Fakta 7 : Meski dicap sebagai seniman "Binatang Jalang", namun gaya hidup Chairil tidak se-bohemian yang dikira. Ia tidak bisa keluar rumah, apabila pakaiannya tidak digosok dengan rapi dan necis. (ai/pojokseni)

Ads